Yuk, Ketahui Cara Membuat Hand Sanitizer Spray di Rumah
Information
20 Nov 2020
Share

Apa itu hand sanitizer? Tentu di saat ini Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan hand sanitizer ini, terutama pasca permulaan penyebaran virus corona Maret lalu, membuat semua orang berbondong – bondong untuk memiliki hand sanitizer ini.

Hand sanitizer dianggap sebagai salah satu bahan yang sangat efektif digunakan sebagai pembersih tangan dan dianggap mampu membunuh virus dan bakteri berbahaya untuk tubuh. Hand sanitizer kerap kali digunakan saat seseorang jauh dari jangkauan air dan sulit untuk mencuci tangan dengan bersih menggunakan air dan sabun.
Hand sanitizer juga memiliki jenis yang berbagai macam. Yang salah satunya hand sanitizer spray. Proses pembuatan hand sanitizer spray ini nampaknya juga tidak sulit dan dapat dengan mudah Anda praktekkan di rumah. Maka dari itu, kali ini Saya ingin membahas mengenai bagaimana cara membuat hand sanitizer spray di rumah. Hitung – hitung melakukan penghematan sehingga Anda tidak memerlukan terlalu banyak uang untuk membeli hand sanitizer di luaran sana. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!


Alat dan Bahan yang Digunakan
Dalam membuat sesuatu, tentunya Anda harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk menunjang proses pembuatan produk Anda, termasuk dalam pembuatan hand sanitizer spray ini. Sebenarnya, alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer spray ini sangatlah mudah. Untuk alat sendiri Anda hanya perlu menggunakan botol kosong yang terdapat bagian spraynya, sedangkan untuk bahannya, Anda hanya memerlukan alkohol ( sebagai bahan wajib ), aloe vera ( sebagai bahan tambahan ), dan minyak esensial.


Untuk aloevera sendiri, sebenarnya bisa Anda substitusi dengan bahan tambahan lainnya yang memberikan khasiat sama. Nah, untuk aloevera disini berfungsi untuk melembabkan kulit, sehingga tidak kering apabila Anda secara terus menerus menggunakan hand sanitizer ini di kulit Anda. Mengingat alcohol sendiri memiliki sifat yang sangat volatile dan dapat mempengaruhi kulit tangan Anda menjadi lebih kering, bahkan jika dibandingkan saat Anda sebelum menggunakan hand sanitizer ini.


Proses Pembuatan Hand Sanitizer Spray
Selanjutnya, yang akan Saya bahas adalah mengenai proses dan cara membuat hand sanitizer spray. Nah, berikut ini adalah langkah – langkahnya :

  • Memasukkan alkohol 70% sebanyak 60 ml ( alkohol 70% ini didapat dari awal Anda membeli. 70% ini merupakan kadar alkohol per jumlah air yang ada di campuran tersebut. Sehingga sebenarnya alkohol yang Anda gunakan bukanlah alcohol 100% )
  • Memasukkan aloe vera sebanyak 70 gram
  • Kemudian, Anda bisa menambahkan minyak essensial sebanyak 2 tetes
  • Setelah itu, Anda bisa mengaduknya kemudian dimasukkan ke dalam botol spray yang sudah Anda siapkan. Pastikan agar botol spray dapat digunakan dengan baik sehingga proses penggunaan mudah.

 

Proses Penggunaan
Terakhir, adalah bagaimana cara untuk menggunakan hand sanitizer yang sudah dibuat tersebut.  Anda bisa dengan mudahnya mengoleskan hand sanitizer Anda ke bagian telapak tangan kemudian menggosokannya sekitar 30 – 60 detik saja hingga nanti tangan Anda benar – benar mongering. Jangan membilasnya dengan air karena akan percuma jika Anda gunakan kemudian Anda bilas lagi dengan air.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai bagaimana cara membuat hand sanitizer spray. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi Anda dalam membuat hand sanitizer secara mandiri dan tidak perlu lagi susah susah berburu hand sanitizer ya!
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda