Yuk Kenali 6 Manfaat Air Purifier Berikut
Information
23 Nov 2020
Share

Sesuai dengan namanya, air purifier adalah alat yang berfungsi untuk membersihkan udara dari zat-zat berbahaya. Contohnya debu, bakteri, jamur, virus, bau tidak sedap, dan polutan lainnya. Mengapa alat ini semakin populer? Yuk kita lihat apa saja manfaatnya.


Apa Itu Air Purifier?
Sebersih apapun kelihatannya rumah Anda, udara di dalam rumah mengandung banyak zat yang berbahaya untuk kesehatan. Debu, bakteri, serbuk sari tumbuhan, jamur, bulu hewan piaraan, dan asbestos hanyalah beberapa di antaranya. Fungsi purifier atau pembersih udara adalah untuk membersihkan polutan yang ada dalam udara. Alat ini menggunakan kipas untuk menghisap udara di sekitarnya. Di bagian dalam alat terdapat filter untuk menyaring kotoran yang ada di udara. Kemudian, purifier mengeluarkan udara yang sudah bersih dan aman dihirup.

Pada umumnya terdapat dua jenis filter yang digunakan dalam pemurni udara, yaitu pre filter dan high-efficiency particulate air (HEPA) filter. Keduanya harus diganti secara berkala. Partikel berukuran besar seperti rambut atau bulu anjing akan disaring oleh prefilter. Sedangkan partikel berukuran kecil seperti debu dan asap dibersihkan menggunakan HEPA filter. HEPA filter dibuat dari lapisan fiberglass yang dapat membersihkan 99,97% partikel berukuran 0,3 micron ke atas. Karena fungsinya, jangan kaget kalau melihat daftar harga HEPA filter yang memang cukup tinggi.


Manfaat Pembersih Udara dalam Ruangan

1. Menghilangkan Polutan dan Bau Tidak Sedap

Ada bau tidak sedap di rumah? Pembersih udara dapat menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Menurut penelitian, purifier sangat efektif dalam membuat udara jadi lebih segar dan bebas bau. Manfaat lain dari purifier adalah kemampuannya membersihkan polutan seperti debu di udara. Dijamin dengan menggunakan alat ini, rumah Anda akan menjadi lebih bersih dan nyaman.

2. Mengurangi Risiko Penyakit

Pembersih udara juga dapat mengurangi risiko penyakit. Sebab, alat ini dapat menghilangkan jamur, virus, dan bakteri penyebab penyakit di udara. Hasil uji coba di laboratorium membuktikan bahwa pertumbuhan jamur, virus, dan bakteri dapat berkurang drastis setelah menggunakan purifier. Jika Anda ingin hidup lebih sehat, pasanglah alat ini di rumah Anda.

3. Menghindari Alergi

Alergi bisa disebabkan berbagai hal yang tampak sepele, contohnya serbuk sari atau bulu hewan peliharaan. Untuk Anda yang menderita alergi, Anda bisa menggunakan pembersih udara supaya rumah terbebas dari partikel-partikel yang dapat memicu alergi tersebut.

4. Mengurangi Gangguan Asma

Asma adalah penyakit kronis yang sangat umum. Gangguan pernapasan ini dapat dipicu oleh tungau debu atau spora jamur di udara. Di sinilah purifier sangat bermanfaat untuk menghilangkan zat-zat yang dapat menyebabkan asma dari rumah Anda.

5. Melindungi Anak-anak, Lansia, dan Orang Sakit

Anak-anak, lansia, dan orang yang sudah memiliki gangguan kesehatan tertentu akan lebih mudah terpapar penyakit lain. Udara rumah harus dijaga supaya tetap bersih untuk orang-orang tersebut, apalagi banyak penyakit berbahaya yang dapat menular lewat udara. Purifier yang menggunakan HEPA adalah cara membersihkan udara dalam ruangan yang efektif.

6. Mengatasi Asap Rokok

Perokok pasif mempunyai resiko kesehatan yang sama besarnya dengan perokok aktif. Gangguan kesehatan yang dapat disebabkan rokok antara lain bronkitis, radang paru-paru, kanker, dan penyakit jantung. Bahkan, rokok dapat memicu demensia pada lansia. Air purifier dengan filter HEPA dapat menyaring partikel rokok untuk mengurangi risiko masalah kesehatan dan bau tidak sedap dari asap rokok.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda