Tips Merawat Air Purifier Supaya Tidak Cepat Rusak
Information
20 Nov 2020
Share

Tahukah anda bahwa air purifier bisa berubah menjadi masalah ketika anda tidak pernah merawatnya. Maka dari itu, agar hal ini tidak terjadi pada air purifier yang anda miliki, ada baiknya anda mengetahui berbagai tips di bawah ini.


Bersihkan bagian filter
Tips pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan terlebih dahulu membersihkan bagian filternya. Biasanya di setiap air purifier filter ini letaknya tidak terlalu sulit dijangkau dan dilepas. Sebelum melepas filter, anda bisa membersihkan area yang ada di sekitar filter menggunakan kuas yang halus. Baru kemudian anda bisa melepaskan filternya. Tentunya filter ini dapat langsung anda bersihkan dengan kain lap yang basah selama beberapa saat. Nah, ketika kotoran yang ada di dalam filter susah untuk dibersihkan, maka anda dapat menggunakan air jeruk nipis. Ketika filter sudah selesai dibersihkan, maka keringkan alat pembersih udara rumah ini di bawah sinar matahari hingga beberapa jam sebelum anda memasukkannya kembali ke dalam air purifier.


Bersihkan air tangki
Nah, tips selanjutnya adalah anda dapat membersihkan air tangki yang letaknya di dalam air purifier. Letak air tangki ini biasanya berada tidak terlalu jauh dari filternya. Setelah anda menemukan tempat air tangkinya, maka anda dapat melepasnya serta mengeluarkan airnya. Biasanya di sini air akan sulit untuk keluar. Mengapa? Karena bentuk air tangkinya banyak dibekukan. Untuk membersihkan air yang kotor ini yaitu dengan cara membilasnya menggunakan sikat gigi dan air yang hangat agar dapat menjangkau bagian yang sulit sekalipun. Bagaimana jika air tangkinya bau? Maka lakukan hal yang sama seperti ketika anda membersihkan filter. Gunakan air dengan campuran jeruk nipis yang dimasukkan ke dalam tangki, kemudian tunggulah sekitar tiga puluh menit. Jika sudah, maka anda bisa langsung membilasnya, kemudian pasang kembali ke dalam penampung airnya.


Interval pengecekan
Untuk anda yang menggunakan alat penyegar udara dalam ruangan ini selama 24 jam dalam sehari, maka sebaiknya anda bisa melakukan pengecekan filter setiap 3 hari sekali atau seminggu sekali. Tentunya hal ini sangat penting dilakukan karena penggunaan air purifier selama 24 jam ini akan membuat alat ini menyaring udara lebih sering. Dengan begitu kotoran dan debu akan menjadi semakin banyak dan menumpuk di dalam filter air purifier.


Tips tambahan ketika membersihkan air purifier
Supaya air purifier yang anda miliki bisa semakin awet, maka selain membersihkan air tangki dan filter, anda pun harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya. Salah satunya adalah jangan pernah melakukan penekanan udara yang terlalu kencang. Ketika anda melakukannya, maka hal ini bisa merusak bagian filter, dengan begitu ia tidak dapat berfungsi dengan baik. Kemudian usahakan juga agar tidak menggunakan vacuum cleaner di saat anda membersihkan debu yang ada pada bagian filter. Hal ini dikarenakan penggunaan vacuum cleaner ini bisa memberikan risiko yang berbahaya pada komponen di dalam air purifier. Jika sudah seperti ini, bisa-bisa air purifier anda tidak akan bekerja secara semestinya. Tips tambahan terakhir yang juga tak kalah penting yaitu jangan lupa juga agar membersihkan bagian luar atau sekitar air purifier. Karena sebagian orang terkadang hanya membersihkan bagian air tangki dan filternya saja, namun di bagian lain tidak dibersihkan. Jika dilihat kembali bahwa sumber kotoran biasanya juga ada di sekitar alat tersebut.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda