Tips Memilih Hand Sanitizer Sesuai Saran Dokter
Information
02 Dec 2020
Share

Apa itu hand sanitizer? Hand sanitizer menjadi salah satu barang yang sempat langka di Indonesia belakangan lalu, hal ini karena cairan satu ini banyak dicari untuk salah satu cara pencegahan virus corona. Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan yang berfungsi untuk membersihkan tangan dari kuman, terutama jika tidak ada air bersih dan sabun antiseptik.

Hand sanitizer lebih banyak dicari karena mudah untuk dibawa saat bepergian. Anda tidak perlu repot mencari air bersih dan sabun antiseptik untuk membersihkan tangan. Kenapa kita harus rajin membersihkan tangan? Hal ini karena tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang sering menjadi media penyaluran atau penularan infeksi.

Kita menggunakan tangan untuk menyentuh beberapa benda yang kemungkinan juga tersentuh oleh tangan orang lain, yang memiliki kemungkinan membawa virus atau kuman yang menyebabkan penyakit tertentu. Menggunakan hand sanitizer menjadi salah satu cara untuk membersihkan tangan dari kuman, sehingga pencegahan penularan virus dapat dilakukan dengan baik.

Bagi orang yang sudah terbiasa mencuci tangan, tentu menjaga kebersihan tangan ini menjadi lebih mudah. Akan tetapi bagi yang belum terbiasa, kemungkinan akan sering lupa untuk mencuci tangan jika berada di luar rumah. Sehingga memang lebih efektif jika Anda membawa sendiri cairan pembersih tangan, Anda dapat membawanya kemana saja Anda pergi dan menggunakannya jika dirasa Anda telah menyentuh barang-barang yang juga disentuh orang lain, atau menggunakannya sebelum tangan Anda menyentuh daerah mulut dan mata.

Mengingat penting dan praktisnya hand sanitizer, para praktisi medis bersepakat bahwa hand sanitizer yang baik memiliki beberapa kriteria tertentu. Hal ini dikarenakan saat ini banyak sekali merk hand sanitizer yang tidak diketahui asal-usul pembuatnya, bahan pembuatnya dan bagaimana proses membuatnya. Jadi dalam artikel kali ini kami akan mengulas mengenai tips memilih hand sanitizer yang bagus sesuai dengan kesepakatan praktisi medis.

  1. Hand sanitizer mengandung sedikitnya 60% alkohol. Heather Monday, ahli Imunologi mengungkapkan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) yang paling bagus adalah yang berbasis alkohol isopropil atau etil alkohol.
  2. Akan lebih baik jika berasal dari sumber yang berbahan organik atau non-transgenik. Kadar alkohol di atas 60%, atau mencapai 70% dikatakan menjadi yang paling efektif membunuh kuman dan virus.
  3. Jika kulit Anda sensitif dengan alkohol, seperti mengering jika memakai hand sanitizer. Maka Anda dapat memilih cairan pembersih tangan yang memiliki kandungan moisturizers atau pelembab.
  4. Teliti kandungan atau komposisi di label kemasan sebelum memutuskan membeli hand sanitizer. Hindari bahan-bahan kimia berbahaya yang tidak baik digunakan dalam waktu jangka panjang, seperti phthalates. Untuk triclosan, bahan yang efeknya masih dalam penelitian. 
  5. Belilah hand sanitizer yang menampilkan komposisi atau bahan pembuatnya, sehingga mudah bagi Anda memeriksa bahan apa saja yang terkandung. Usahakan tidak membeli hand sanitizer tanpa merk, tanpa label komposisi dan tidak jelas asal-usulnya.

Hand sanitizer rumah sakit biasanya dibuat dengan alkohol minimal 60%-70%, sehingga bagi Anda yang menginginkan perlindungan dari kuman secara efektif dapat membeli atau membuat dengan menggunkan alkohol dengan kadar yang telah ditetapkan untuk dapat membunuh kuman di tangan.

Jika tangan sudah bersih, lalu bagaimana dengan alat-alat yang kita bawa dan kemungkinan tersentuh oleh orang lain? Untuk urusan satu ini Anda bisa menggunakan Tas UVC. Pembahasan tas UVC akan ada di artikel lain di website ini, baca hingga selesai untuk mencegah penyebaran covid-19.

Mencegah penyebaran virus covid-19 adalah tanggung jawab kita bersama. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah menjadi salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. Usaha yang kita lakukan tidak hanya membantu diri sendiri, tetapi juga membantu orang disekitar kita agar tetap dalam kondisi sehat.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda