Tas UVC Untuk Pencegahan Virus Corona
Information
30 Nov 2020
Share

Tas UVC – Sampai saat ini para ilmuwan terus mencari metode pengobatan efektif untuk membasmi virus corona sebagai penyebab wabah Covid-19, sekaligus untuk menghentikan penyebaran virus corona di lingkungan. 

Adapun salah satunya ialah dengan pemanfaatan sinar UV atau sinar Ultraviolet demi membasmi SARS-CoV-2 sebagai penyebab Covid-19. 
Lampu UVC LED saat ini banyak dimanfaatkan untuk menghentikan penyebaran patogen dalam beberapa decade. Bahkan beberapa pakar/ahli menyebutkan secara teori bahwa alat tersebut dapat bekerja dengan baik untuk membasmi virus corona.

Akan tetapi, penggunaan sinar UV itu sendiri harus sesuai dengan dosis yang juga tepat, sekaligus diberikan langsung oleh professional. Ini artinya, tak semua peralatan yang mampu memancarkan sinar Ultra Violet di rumah dapat membunuh virus. 

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) telah mengungkapkan bahwa ada 3 jenis sinar Ultraviolet yang digolongkan berdasarkan panjang gelombangnya, yaitu sinar UVC, UVA,  dan UVB. UVC sendiri adalah jenis sinar UV yang memiliki gelombang terpendek dengan tingkat energi tertinggi, sehingga dapat berperan sebagai desinfektan.


Bagaimana Cara Kerja Sinar UVC Untuk Corona?
UVC dengan panjang gelombang sebesar 254 nm dapat dimanfaatkan untuk menonaktifkan virus influenza H1N1 da virus corona jenis lainnya, seperti Mers-CoV dan SARS-CoV. Sedangkan menurut sebuah studi sendiri masih harus menunggu peninjawan di MedRxiv, yang juga menyatakan jika UVC dapat melawan virus SARS-CoV-2.

UVC-254 dapat bekerja karena memiliki panjang gelombang yang bisa menimbulkan lesi pada RNA dan DNA. Dimana paparan tersebut bisa merusak keduanya, jadi tidak bisa bereplikasi, dengan demikian secara efektif dapat menonaktifkan atau membunuh virus maupun mikroorganisme.

Akan tetapi, penggunaannya tentu saja harus dilakukan secara akurat dan bertanggung jawab. Sebab kemampuannya bisa merusak DNA bahkan UVC ini juga berbahaya untuk kulit manusia. Oleh karena itu, desinfeksi menggunakan UVC sendiri perlu diberikan pada fasilitas kesehatan dan sudah memperoleh evaluasi dan keamanan terkait efektifitasnya oleh ahli fotobiologi dan fotomedik.


Pemakaian Lampu UVC Pada Ruang Tertutup
Berdasarkan keterangan dari I Gusti Ngurah Kade Mahardika, selaku Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Udayana, lewat bincang-bincang yang dilakukan di Graha BNPB, mengatakan jika ada potensi pemakaian sinar UV untuk membasmi virus pada ruangan tertutup. Menurutnya, selama tak ada orang pada ruangan tersebut, maka alat tersebut dapat bekerja dengan baik dan aman. Hanya saja masih ada beberapa keraguan mengenai efektifitas lampu UVC untuk membunuh virus SARS-CoV-2, yakni mengenai kualitasnya. Sinar UVC Corona memang dapat membunuh virus, namun masalahnya ialah Anda harus menggunakannya dalam dosis yang sesuai.

Di samping itu, pemakaian perangkat UVC pun diperhitungkan jika dipakai di rumah sakit. Seperti geometri ruangan, waktu, bayangan, dan jenis benda atau bahan yang akan dilakukan desinfeksi. Akan tetapi, pada ruangan terbuka sendiri penggunaannya lebih sulit.


Tas UVC Untuk Desinfeksi Peralatan Anda
Untuk melengkapi semua proses sterilisasi secara harian, kini tersedia tas UVC. Dimana alat yang satu ini digunakan untuk mensterilisasi peralatan kecil, berupa kacamata, dompet, masker, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu memasukkan barang-barang atau peralatan kecil ke dalam tas, kemudian atur timer.

Selain itu, tas UVC untuk membasmi virus dan bakteri, termasuk virus Corona ini juga dapat digunakan pada peralatan bayi, peralatan make up, HP, remote TV, laptop, dan masih banyak lagi. Bahkan kotak UVC ini kini sudah dijual bebas di pasaran, baik secara offline maupun online!
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda