Tas UVC Alternatif Sterilisasi Barang Sebagai Upaya Pencegahan Virus Corona (Covid-19)
Information
02 Dec 2020
Share

Disinfektan spray baik yang bermerk atau yang dibuat sendiri, menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk sterilisasi barang / benda disekitar kita dari kuman atau virus. Dunia masih terus berperang melawan penyebaran virus covid-19. Infeksi yang menyerang saluran atau sistem pernapasan manusia ini dapat menyebabkan penderitanya sesak nafas, pneumonia akut sehingga beresiko kematian.

Setidaknya saat ini sudah ada lebih dari 3 juta orang yang terjangkit virus corona di dunia. Virus ini akan lebih membahayakan bagi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah seperti orang tua dan anak kecil, juga seseorang dengan riwayat penyakit tertentu. Sehingga diminta untuk mengurangi kegiatan diluar rumah untuk mengurangi penyebaran virus ini.

Akan tetapi tidak semua orang bisa terus berada di dalam rumah, bekerja dari rumah. Sehingga protokol kesehatan untuk mengurangi pencegahan harus tetap dilakukan saat berada di luar rumah. Beberapa protokol kesehatan seperti social distancing, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan harus selalu dipatuhi. 

Selain harus rajin mencuci tangan dengan sabun antiseptik dan air bersih atau menggunakan hand sanitizer, opsi lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan desinfektan untuk sterilisasi barang, alat-alat yang ada disekitar kita yang digunakan banyak orang dan kemungkinan menjadi media penularan kuman / virus.

Meskipun menjadi opsi yang direkomendasikan, ada beberapa orang yang tidak bijaksana menggunakan desinfektan dan justru menyebabkan penyakit lain pada dirinya atau orang lain. Menurut WHO sebagai organisasi kesehatan dunia, desinfektan bisa berbahaya jika terkena membran mukosa manusia, seperti mulut dan mata.

Paparan desinfektan secara langsung ke tubuh manusia secara terus-menerus akan menyebabkan iritasi kulit hingga penyakit saluran pernapasan. Bahkan desinfektan yang berbahan larutan hipoklorit dengan konsentrasi tinggi dapat menyebabkan luka bakar pada kulit manusia. Disinfektan spray untuk badan dengan bahan-bahan yang tidak baik untuk kesehatan memang sangat tidak direkomendasikan, umumnya desinfektan hanya direkomendasikan untuk barang-barang.

Setelah mengetahui ternyata ada efek dalam penggunaan desinfektan jika tidak bijak, maka beberapa orang mulai mencari opsi lain untuk mensterilkan alat-alat atau barang-barang yang sering kita bawa dan ada kemungkinan tersentuh oleh orang lain. Dan pilihan tersebut jatuh pada tas UVC.

Tas UVC merupakan alat sterilisasi yang dirancang menggunakan sinar UVC dan dibuat seperti tas untuk memasukkan barang-barang yang sering Anda bawa bepergian, agar tetap aman dari kuman dan virus. Sinar UVC merupakan salah satu pembagian gelombang dari sinar UV. Sinar UV atau sinar ultraviolet adalah radiasi elektromagnetik dari matahari.

Sinar matahari memproduksi beberapa jenis sinar UV seperti UVA, UVB dan UVC yang dibedakan berdasarkan banyaknya energi yang dimiliki. Paparan sinar UV pada manusia dipercaya dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. 

Dari ketiga pembagian sinar UV di atas, sinar UVC ternyata memiliki manfaat sebagai media sterilisasi peralatan sehari-hari atau barang-barang disekitar Anda. Seperti, smartphone, alat make up, tas, dot bayi, dan peralatan pribadi lainnya. Teknologi dengan memanfaatkan sinar UVC seperti yang digunakan di tas UVC ini memang diciptakan untuk membunuh kuman, bakteri dan virus yang menempel di peralatan keseharian Anda.

Bagi Anda yang mungkin sering belanja online, alat ini juga bisa digunakan untuk sterilisasi barang yang Anda beli secara online. Sterilisasi barang anak-anak yang memiliki kemungkinan dipegang oleh anak lain. Sterilisasi buah dan sayur yang Anda beli dari luar.

Memiliki alat ini akan membantu Anda terhindar dari penyebaran virus covid-19 yang saat ini semakin bertambah. UVC sterilization hanya memerlukan waktu 10 detik serta lebih mudah karena adanya lampu indikator.

Selain menggunakan hand sanitizer, rajin cuci tangan, sterilisasi peralatan, Anda juga harus tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mampu memperkuat metabolisme tubuh.

Demikian beberapa informasi mengenai opsi lain desinfektan untuk sterilisasi peralatan sehari-hari Anda. Tetap jaga kesehatan dan terus berperan aktif untuk mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda