Sterilisasi Ruangan Dengan Lampu UVC, Bisakah!
Information
25 Nov 2020
Share

Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar tentang lampu UVC atau UVC LED. Lampu yang satu ini sempat digembar gemborkan aman dan mampu membasmi berbagai macam virus dan kuman yang ada di sekitar Anda. Bahkan ada juga yang berkata akan manfaat sinar UVC untuk corona? Apakah benar demikian !  


Apa itu UVC
Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya jika Anda mengenal lebih dalam tentang UVC itu sendiri. Pernahkan Anda mendengar tentang UVA dan UVB? Pastinya pernah ! Tidak lain adalah ultraviolet yang mampu mencapai permukan bumi, dan jika seseorang berada di bawah radiasi tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama, akan terjadi beberapa kerusakan tertentu pada kulit, mulai dari kulit terasa terbakar, keriput, bintik penuaan, kanker kulit dan yang lainnya.   

Seperti sebelumnya UVC atau UV C sendiri adalah sinar radiasi ultraviolet C. Dimana dibanding sinar ultraviolet lainnya, sinar ultraviolet yang satu ini, dinilai sangat baik, untuk menghancurkan bahan genetik partikel virus yang ada. Dengan ditemukannya kandungan tersebut pada tahun 1878, maka mulai saat itu pulalah UVC dibuat secara artifisial, dan menjadi metode pokok sterilisasi akan barang-barang yang digunakan dalam rumah sakit, pesawat terbang, dan yang lainya.

Sedangkan lampu UVC adalah adalah salah satu metoda pengembangan lampu dengan menggunakan sinar UVC. Dimana kandungan gelombang yang ada, mampu menonaktifkan mikroorganisme dengan cara menghancurkan asam nukleat, serta mengganggu DNA yang dimilikinya. Ini yang membuat mikroorganisme tersebut tidak dapat melakukan fungsi vitalnya.


Fakta tentang UVC
Selai aneka manfaat yang akan Anda dapatkan dari lampu tersebut, berikut adalah beberapa fakta unik tentang lampu yang dimaksud :

1. Mirip dengan suhu tubuh manusia

Adapun lampu UVC LED ini sudah dilengkapi dengan lapisan yang mampu menghasilkan karbondioksida, melalui proses katalitik yang ada. Kondisi ini yang membuat suhu pada lampu tersebut mirip dengan suhu tubuh manusia. Selain itu, teknolog tersebut juga mempunyai kombinasi cahaya khusus, yang nantinya diatur dalam jangkauan visual maksimal. Ini adalah langkah praktis dan efektif dalam pencegahan virus yang ada disekitar Anda.

2. Mampu mengurangi penyebaran penyakit

Selain itu, kandungan dari lampu tersebut, juga mampu mengurangi penyebaran penyakit mematikan yang beredar saat ini. Bahkan ada kemungkinan mampu memusnahkan penyakit yang ada di sekitar Anda. Selain itu cahaya UV, mempunyai panjang gelombang yang cukup pendek, jika dibandingkan cahaya yang kasat mata. Hasilnya, efektif dalam membunuh bakteri serta mencegah mikroorganisme untuk berkembang biak, atau bahkan mencemarkan air yang ada  di sekitarnya.  

3. Mampu mensterilkan benda sekitar    
Yang paling menarik adalah sinar UVC untuk sterilisasi, artinya sinar tersebut, dapat digunakan untuk mensterilisasi benda sekitar yang ada. Mulai dari pengolahan air minum, limbah, penjernih udara, membersihkan jus buah dan sayur, atau bahkan aneka benda lainnya yang ada di sekitar Anda dan juga anak Anda (seperti hp, sikat gigi, mainan, dll).


Cara Menggunakan lampu UVC
Cara menggunakan lampu tersebut pada ruangan, paling tepat ketika tidak ada manusia yang sedang berkegiatan di dalamnya. Jika ada manusia di dalamnya, sebaiknya jangan arahkan lampu pada manusia secara langsung, hewan peliharaan, atau juga makanan. Tips tambahan ketika Anda memberi lampu UVC LED seperti ini, sebaiknya baca instruksi penggunaan yang ada. Agar pemakaiannya tepat, dan hasilnya juga maksimal.

Saat ini produk lampu UVC LED di pasaran cukup beragam, kali ini pilih produk yang dinilai tepat, dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membeli secara online, pastikan keaslian dari produk tersebut.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda