Sinar UVC untuk Sterilisasi, Amankah?
Information
25 Nov 2020
Share

Sterilisasi merupakan salah satu kegiatan yang gunanya adalah mematikan bakteri dan kuman-kuman penyakit yang hinggap pada suatu tempat, baik ruangan maupun benda. Sterilisasi memanfaatkan berbagai elemen, salah satunya adalah sinar ultraviolet.

 
Sinar UVC

Sinar ultraviolet adalah sinar secara alami dihasilkan oleh matahari. Terdapat 3 jenis sinar ultraviolet yaitu UVA (ultraviolet A), UVB (ultraviolet B), dan UVC (ultraviolet C).
Sinar UVC merupakan sinar ultraviolet yang memiliki panjang gelombang paling pendek, namun tingkat energi paling tinggi dari ketiganya. Lapisan ozon akan menyaring seluruh radiasi sinar UVC sehingga manusia tidak dapat terpapar olehnya. UVC buatan manusia dapat Anda temukan pada alat-alat sterilisasi.

UVC buatan manusia tersebut dapat melukai manusia. Sinar UVC berbahaya jika mengenai mata dan kulit dalam paparan yang tinggi, yaitu menimbulkan luka bakar, katarak pada mata, hingga kanker. Tidak disarankan menggunakan sinar UVC pada tubuh manusia, karena fungsi utamanya adalah untuk mensterilisasi peralatan!


Sinar UVC untuk sterilisasi
Anda akan menemukan berbagai jenis produk sinar UVC untuk sterilisasi, misalnya dalam bentuk lampu UVC LED.
Kemampuan UVC untuk membunuh kuman dan bakteri telah terbukti dalam beberapa penelitian. Adapun adanya UVC sterilizer dalam bentuk portable memudahkan Anda membawanya kemanapun Anda bepergian. 

UV Sterilizer menggunakan teknologi UVC yang nantinya akan membunuh kuman dan bakteri patogen penyebab penyakit. Alat ini sering Anda temukan di rumah sakit, laboratorium, bahkan rumah yang memiliki bayi atau penderita penyakit yang membutuhkan tempat-tempat steril. 


Objek yang disterilisasi
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk sterilisasi alat-alat, misalnya adalah dengan memaparkan lampu dengan teknologi tertentu pada alat-alat atau objek yang akan digunakan, seperti pada sayuran dan buah-buahan sebelum dikonsumsi, barang-barang yang Anda kira telah berkontak langsung oleh virus berbahaya, produk milik anak-anak yang mana mereka biasanya memasukkan benda-benda tersebut ke mulut mereka, dan sebagainya.

Penggunaan lampu yang dirasa lebih mudah dan dapat dibawa kemana-mana menjadi salah satu keunggulannya. Selain itu, jika apa yang akan Anda sterilisasi adalah alat-alat yang mana jika disemprot dengan desinfektan akan memungkinkan terjadinya kerusakan dalam komponennya, lampu UVC dinilai lebih efektif.


Penggunaan UVC sterilizer
Efektivitas UVC sterilizer akan lebih baik jika digunakan pada objek dengan permukaan yang rata dan juga halus. Sebelum Anda menggunakan alat tersebut, ada baiknya untuk membersihkan permukaannya dari kotoran dan debu yang menempel. Maka, alat ini akan dapat bekerja lebih efektif untuk membunuh kuman dan bakteri patogen.
Sinar UVC mematikan bagi bakteri dan virus karena frekuensinya yang tinggi dan dapat merusak kode DNA/RNA patogen, memicu mutasi, dan mematikan proses reproduksinya.

Hal paling penting yang perlu Anda ketahui adalah, Anda sebaiknya tidak menggunakannya pada kulit Anda atau bagian manapun pada tubuh Anda. ketika menggunakan untuk mensterilisasi alat-alat, jangan melihat langsung sinar UVC yang mana dapat mengganggu kesehatan mata.


Memilih produk UVC sterilizer
Hal pertama yang harus dimiliki oleh produk UVC sterilizer adalah produk tersebut harus lolos tahap pengujian, sehingga dijamin keamanannya sebelum digunakan oleh manusia.

Banyak terdapat lampu UVC LED di pasaran yang beredar palsu, dimana ternyata lampu LED tersebut tidak memiliki pancaran sinar UVC. Untuk dapat menguji apakah sinar tersebut UVC asli tentu membutuhkan alat pengukur cahaya yang mana tidak murah.

Memilih pada toko yang bereputasi dan tidak mudah tergiur dengan klaim apalagi harga yang kelewat murah menjadi cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi penipuan tersebut.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda