Sinar UVC Untuk Corona Harus Diterapkan Dengan Tepat
Information
25 Nov 2020
Share

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum tahu apa itu Sinar UVC dan apa manfaatnya bagi manusia. Agar lebih memahami tentang apa fungsi dan manfaatnya, maka simaklah penjelasannya berikut ini.


Sinar UVC Bermanfaat Bagi Kesehatan, Benarkah Demikian?
Kesehatan merupakan aset paling berharga. Karena dengan tubuh yang sehat, maka bisa dengan leluasa beraktifitas. Dan pastinya setiap orang memiliki trik tersendiri untuk menjaga agar tubuh selalu sehat dan bugar.

Biasanya orang akan mengatur pola hidup yang sehat, bisa dengan cara menjaga pola makan, mengatur pola tidur, mengelola stress dan juga berolahraga. Lalu apakah semua hal yang sudah dilakukan tersebut bisa menjamin seseorang tidak akan terinfeksi suatu penyakit? Jawabannya adalah tidak.

Virus dan bakteri yang dulunya dikenal mampu menyerang tubuh manusia yang mana sistem imunnya sedang drop, maka berbeda dengan sekarang dimana suatu virus bisa saja menginfeksi tubuh seseorang yang dalam kondisi sehat. Seperti virus corona yang belakangan ini mampu menyerang seseorang yang bahkan tidak mengalami gejala sama sekali. Hal ini menandakan bahwa menjaga daya tahan tubuh saja ternyata tak mampu menghindarkan kita dari ancaman virus corona. 

Lalu bagaimana solusinya? Sebenarnya ada banyak yang bisa diupayakan. Misalnya saja :

  • Selalu menggunakan masker, menerapkan social distancing
  • Rajin mencuci tangan
  • Menggunakan hand sanitizer

Termasuk juga dengan memanfaatkan sinar yang diberi nama dengan UVC. Sinar UVC merupakan sinar yang mengandung ultraviolet C yang dipercaya mampu menghancurkan berbagai mikroorganisme seperti virus dan bakteri. Dan tentunya, penerapan sinar ini dimaksudkan agar terfokus pada mikroorganismenya saja tanpa harus merusak atau melukai tubuh manusia itu sendiri.

Sebenarnya sinar UVC untuk sterilisasi ini sudah cukup lumrah dimanfaatkan di beberapa sektor seperti medis, perkantoran, pabrik maupun pesawat. Namun memang proses sterilisasi yang menggunakan UVC ini dilakukan sesuai dengan prosedur dan kebutuhan sehingga tidak menimbulkan dampak yang tidak diharapkan.
UVC dipercaya mampu mengganggu DNA virus dan menghancurkannya sehingga virus tersebut tidak mampu menjalankan fungsi dari vitalnya. Hal inilah yang menjadi alasan mendasar mengapa muncul anggapan bahwa UVC mampu membunuh virus corona.


Gunakan Sinar UVC Harus Dengan Cara yang Tepat
Rasanya memang melegakan jika satu per satu solusi ditemukan untuk mematikan virus corona yang sudah merenggut jutaan nyawa di seluruh dunia. Namun hal tersebut tentunya perlu pemahaman lebih lanjut lagi agar pelaksanaannya menjadi lebih optimal dan tidak memberikan dampak yang kurang diharapkan.

Termasuk juga dengan Sinar UVC ini dimana pemanfaatannya tentu harus sesuai dengan aturan atau prosedur yang tepat. Sinar UVC untuk corona memang menjadi tujuan utamanya, namun bukan berarti tubuh manusia juga boleh terpapar oleh sinar ini bukan? 

Seperti yang diketahui bahwa sinar UV sangat berbahaya bagi tubuh manusia. UVA dikenal mampu menerobos jaringan kulit terdalam hingga mencapai 80% sehingga memiliki andil yang cukup besar dalam menimbulkan berbagai masalah kulit seperti keriput, flek hitam maupun proses penuaan kulit lainnya. Sedangkan UVB sendiri mampu memicu terjadinya kanker kulit sehingga sangat disarankan untuk selalu menggunakan sunscreen maupun sunblock ketika beraktifitas diluar ruangan sebagai salah satu bentuk proteksi terhadap kulit dari bahaya sinar UV.

Untuk itulah penggunaan Sinar UVC haruslah tepat. Sinar UVC corona bukan berarti diterapkan pada tubuh manusia karena bisa membahayakan kulit dan juga memicu terjadinya kanker. Kalaupun diterapkan untuk manusia, tentunya harus memilih jenis sinar yang tepat. Namun sangat disarankan bahwa Sinar UVC ini dinyalakan saat ruangan sedang kosong atau diterapkan pada benda – benda mati saja.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda