Silver Ion dan Penggunaannya
Information
30 Nov 2020
Share

Hand sanitizer yang bagus tentu dapat melindungi tangan Anda dari bakteri dan mikroorganisme patogen berbahaya seperti Covid 19. Salah satu bahan yang belakangan dipercaya menjadi bahan dari hand sanitizer yang berkualitas adalah silver ion. Apa yang dimaksud dengan silver ion dan apa manfaatnya? Berikut ini adalah ulasannya. 


Penggunaan silver dalam dunia medis
Silver merupakan salah satu jenis logam mulia. Akan tetapi selain digunakan untuk perhiasan, silver juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Penggunaan lain dari silver adalah untuk sebagai senyawa antibakteri. 

Penggunaan silver sebagai anti mikroorganisme dan juga penggunaan silver untuk dunia medis sesungguhnya sudah dilakukan sejak dahulu. Akan tetapi penggunaan dari silver secara meluas baru diketahui dan marak beberapa waktu belakangan ini. 

Silver adalah salah satu metal yang memiliki tingkat toksin yang rendah. Hal inilah yang menyebabkan banyak peralatan medis yang juga dibuat dari bahan silver karena lebih aman digunakan. 


Penggunaan silver ion dalam dunia medis 
Jenis silver yang digunakan di dalam dunia medis ini bukan jenis silver sembarangan akan tetapi merupakan jenis silver yang sudah kehilangan elektronnya sehingga bermuatan positif. Jenis silver bermuatan positif ini disebut juga dengan silver ion. 

Silver ion ini memiliki kemampuan anti mikroorganisme yang sangat baik. Senyawa silver ion ini tidak hanya dapat digunakan untuk membunuh mikroorganisme yang ada di lingkungan tapi juga dapat memberikan perlindungan. Hal ini disebabkan karena kemampuan anti mikroorganisme yang dimiliki oleh silver ion ini tidak hanya membinasakan tapi juga dapat secara aktif mencari mikroorganisme baru. 

Mikroorganisme patogen yang bersinggungan dengan silver ion ini nantinya akan rusak membran dan DNA-nya sehingga tidak bisa bereproduksi. Setelah mikroorganisme patogen tersebut mati, maka selanjutnya silver ion akan mencari mikroorganisme patogen yang baru untuk dihancurkan juga DNA-nya. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan silver ion menjadi sangat bermanfaat dan dapat memberikan perlindungan yang lebih panjang. 


Silver untuk perangi Covid 19
Sesungguhnya keberadaan silver ion ini sudah ada sejak dahulu. Akan tetapi saat ini penggunaan silver ion menjadi makin banyak. Pasalnya di era pandemi saat ini, banyak orang yang mencari-cari bahan yang dapat memberikan perlindungan secara ekstra dari bakteri dan mikroorganisme patogen lainnya termasuk Covid 19. 

Covid 19 merupakan virus yang sangat mudah berkembang biak dan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal ini menyebabkan penularan dari virus Covid 19 ini menjadi lebih cepat. Apalagi ada banyak kabar mengenai mutasi dari Covid 19 ini sehingga kita harus waspada dan berhati-hati. 

Karena persebaran virus Covid 19 yang makin hari bukannya makin sempit tapi malah makin menjadi, maka perlindungan yang terbaik bukan hanya membunuh Covid 19 tapi dengan memberikan perlindungan. Dengan begitu bahan silver ion bisa menjadi bahan yang paling direkomendasikan di era pandemi seperti sekarang ini. 

Selain itu, dengan menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan silver ion, kita tidak perlu lagi tergantung pada alkohol dengan kadar yang tinggi untuk membersihkan tangan kita. Dengan begitu penggunaan hand sanitizer bisa menjadi lebih aman. 

Bagaimana sudah jelas bukan mengapa hand sanitizer yang Anda beli sebaiknya memiliki kandungan silver ion? Hal ini juga mulai diterapkan oleh para pemilik rumah sakit dimana hand sanitizer rumah sakit sudah mulai dilengkapi dengan menggunakan kandungan silver ion.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda