Silver Ion dalam Hand Sanitizer, Bagaimana Cara Kerjanya?
Information
30 Nov 2020
Share

Dalam dunia medis, silver ion bukan lagi hal asing. Bahkan berbagai penelitian menunjukkan bahwa silver ion memiliki efek antivirus dan dapat menjadi agen anti-bakteri. Dengan sifatnya sebagai antivirus dan anti-bakteri, silver ion dimanfaatkan untuk membuat hand sanitizer – silver ion. Penggunaan disinfectant spray – silver ion di masa pandemi seperti sekarang diharapkan mampu membasmi Virus Corona dan mengurangi tingkat penyebarannya. 


Cara Kerja Silver Ion Membunuh Bakteri dan Virus
Melalui sejumlah penelitian, silver ion dapat membunuh bakteri Escherichia coli, Stapylococcus aureus dan sejumlah bakteri lainnya. Bahkan, para ahli mengatakan bahwa silver ion dapat menurunkan jumlah bakteri hingga 99%. Lalu, seperti apa cara kerja silver ion dalam membunuh bakteri dan virus?

  • Silver ion dapat mengikat virus tanpa harus merusak tubuh. 

Hal ini dikarenakan silver ion berinteraksi pada dinding sel bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pada stabilitas membran. Gangguan stabilitas membran akan menyebabkan penurunan jumlah sel energi bakteri dan melepaskan ion kalium. 

  • Merusak susunan DNA virus

Virus yang terpapar silver ion akan mengalami gangguan pada proses metabolismenya. Selain itu, susunan DNA pada virus pun akan mengalami kerusakan. Hal inilah yang menyebabkan virus tidak mampu berkembang biak dan mati. 

  • Silver ion mempengaruhi berbagai molekul

Silver ion juga bekerja dengan cara mempengaruhi molekul dalam bakteri, seperti enzim dan asam nukleat. 

  • Menimbulkan kerusakan sel

Cara kerja silver ion dalam membasmi bakteri berikutnya adalah dengan menimbulkan kerusakan sel. Kerusakan sel dikarenakan silver ion memicu produksi spesies oksigen reaktif. 


Harga Silver Ion Hand Sanitizer
Untuk mencegah penularan virus corona, menjaga kebersihan dan menggunakan masker saat keluar rumah adalah salah satu cara yang dianjurkan. Terlebih lagi kebersihan tangan. Cara ideal untuk menjaga kebersihan tangan adalah dengan sabun dan air mengalir. Namun, hand sanitizer dengan kandungan silver ion bisa jadi pilihan alternatif. 

Harga hand sanitizer dengan kandungan silver ion pun bervariatif. Tergantung pada ukurannya. Namun, untuk penggunaan setiap saat hand sanitizer dengan kemasan kecil bisa jadi pilihan alternatif. Sementara hand sanitizer dengan kemasan besar bisa jadi pilihan tepat untuk kantor dan hand sanitizer rumah sakit. 

Hand sanitizer bukan hanya kebutuhan orang dewasa, namun juga anak-anak. Oleh sebab itu, memilih hand sanitizer tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Komposisi hand sanitizer adalah hal penting yang harus diperhatikan. Selain kemampuannya dalam membasmi virus, komposisi hand sanitizer haruslah aman digunakan oleh anak-anak. Sehingga tidak menimbulkan rasa sakit ataupun iritasi pada kulit ketika digunakan. Jika tidak ingin mengambil risiko, Anda bisa memilih hand sanitizer khusus bayi yang lebih aman digunakan oleh si kecil.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda