Seberapa Efektif Penggunaan Masker Kain Korea di Masa Pandemic Corona?
Information
08 Jun 2020
Share

Ditengah pandemi corona yang melanda berbagai negara di dunia, kebutuhan masker kian meningkat dari waktu ke waktu. Masker merupakan salah satu alat pelindung diri untuk meminimalkan penularan virus corona.


Penggunaan masker kain korea bagi masyarakat sangatlah penting. Mengingat cara penularan virus corona melalui droplet yang masuk ke dalam tiga bagian utama pada wajah. Yaitu mata, mulut, dan juga hidung. Bahkan, semakin kesini terdapat kasus penularan virus corona secara asymptomatic atau tidak menunjukkan gejala apa pun.


Jenis-Jenis Masker yang Bisa digunakan untuk Mencegah Penularan

Masker kain korea scuba jadi salah satu masker yang bisa digunakan sebagai alat pelindung diri. Selain masker kain korea terdapat beberapa jenis masker yang digunakan untuk mencegah penularan virus corona. Di antaranya adalah:

1.    Masker N99

Masker N99 memiliki kemampuan hingga 99% dalam menyaring partikel di udara. Selain digunakan sebagai alat pelindung diri dari bakteri dan virus di saat pandemi corona, masker ini juga biasa dikenakan oleh orang yang sensitif.


2.    Masker bedah

Sesuai dengan namanya, masker bedah umum digunakan oleh tenaga kesehatan yang melakukan tindakan operasi. Penggunaan masker bedah selama operasi bertujuan untuk menjaga sekeliling tetap steril.


3.    Masker kain 

Masker kain mempunyai jenis yang bervariatif. Salah satunya adalah masker kain korea scuba.
Seberapa Efektif Penggunaan Masker Kain Korea?


Pemakaian masker ketika keluar rumah dapat memberikan perlindungan dari bakteri dan virus. Termasuk virus corona. Selain masker bedah, masker kain korea scuba jadi pilihan alternatif untuk masyarakat. Lantas seberapa efektifkah masker kain korea scuba untuk menangkal penyebaran virus corona?


Menurut pakar kesehatan dari CDC atau Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS, penggunaan masker kain terbilang efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebab pemakaian masker kain korea dapat membantu mencegah droplet ketika bersin atau pun batuk. Lebih lanjut, pemakaian masker kain korea dapat mencegah kebiasaan menyentuh bagian penting pada wajah yang menjadi jalan masuk penularan virus corona. 


Memilih masker kain korea pun harus diperhatikan. Pilihlah jenis masker kain korea yang terbuat dari bahan berlapis-lapis. Namun pastikan pula bahwa masker kain korea tidak menyulitkan pernapasan. Masker kain korea juga harus terikat dengan kuat dan nyaman ketika digunakan.


Untuk menjaga kebersihan masker kain korea, cucilah masker setelah digunakan. Masker kain korea dapat dicuci dengan menggunakan deterjen dan air hangat. Jika sudah, segera keringkan masker kain korea. 


Jika tidak dapat segera mencuci masker kain korea setelah pergi dari luar, masukkanlah masker kain korea ke dalam plastik dan jangan digunakan kembali. Membuang masker kain korea yang mengalami kerusakan saat dicuci adalah langkah bijak.

 


Source :

https://health.kompas.com/read/2020/04/08/160000168/yang-harus-kita-pahami-mengenai-pemakaian-masker-saat-pandemi?page=all

https://lifestyle.okezone.com/read/2020/04/05/481/2194454/seberapa-efektif-masker-kain-dalam-mencegah-penularan-covid-19

https://health.grid.id/read/352013703/tidak-semua-masker-bisa-mencegah-infeksi-virus-tak-terkecuali-corona-perhatian-kode-dan-bahannya?page=all

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda