Pilih Lampu UVC Sebagai Lampu Pembunuh Virus Flu
Information
20 Nov 2020
Share

Saat wabah influenza melanda wilayah Amerika Serikat, tentunya para peneliti telah menciptakan lampu ultraviolet untuk digunakan dalam membunuh virus influenza, bahkan dapat mencegah penyebaran penyakit tersebut baik di sekolah, rumah sakit, dan tempat umum lainnya. Nah, jika sudah seperti ini, segera pilih lampu UVC yang efektif dalam membunuh virus flu.


Mengenal apa itu UVC
Pada dasarnya radiasi sinar ultraviolet dari matahari ternyata memiliki tiga macam sinar radiasi yang sudah dibagi sesuai dengan panjang gelombang. Nah macam-macam sinar ultraviolet tersebut adalah sinar UVA, sinar UVB, dan sinar UVC. Pada pembahasan kali ini akan dipaparkan mengenai sinar UVC. Sinar UVC tentunya memiliki panjang gelombang yang cukup pendek yaitu 180 hingga 280 nm. Yang jelas lampu UVC adalah sinar ultraviolet yang berguna untuk menghancurkan kuman, virus, hingga bakteri. Memang ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari anda dari berbagai masalah kesehatan yang mungkin terjadi. Namun ketika anda sering melakukan aktivitas di dalam ruangan, maka supaya ruangan bisa tetap sehat dan steril, anda bisa memilih untuk menggunakan lampu UVC ini.


Lampu UVC sebagai lampu pembunuh virus flu
Tentunya sinar ultraviolet sudah dikenal sejak lama sebagai instrumen yang cukup efektif dalam melawan agen berbagai penyebab penyakit yang merugikan, dengan begitu sering digunakan dalam mensterilkan peralatan medis yang ada di rumah sakit. Namun lampu UV standar yang memang digunakan dalam membunuh kuman mengandung risiko berbahaya untuk kesehatan, bahkan kemungkinan saja dapat menyebabkan katarak hingga kanker kulit karena paparan yang berlebihan. Nah, hal inilah yang ternyata mengilhami para peneliti, untuk menemukan alternatif yang aman untuk lampu pembunuh kuman ini, yaitu penggunaan UVC-jauh. Para peneliti mengamati jika sinar yang satu ini memiliki potensi dalam menghancurkan virus dan bakteri tanpa risiko akan menembus bagian lapisan pelindung kulit, bahkan merusak penglihatan manusia. 


Hal ini dikarenakan lampu UVC-jauh mempunyai panjang gelombang yang cukup pendek. Selain cukup aman, tentunya penggunaan lampu ini bisa terhindari dari risiko tertentu. Bahkan para peneliti juga memaparkan bahwa UVC ini sama efektifnya seperti sinar UV standar yang memang digunakan dalam membunuh partikel strain dari virus influenza H1N1 yang bisa menyebar dari udara. Selain itu, studi yang dilakukan juga membuktikan jika sinar UVC yang ada di lampu bisa bekerja lebih baik jika dibandingkan dengan vaksin flu. Hal ini dikarenakan sinar tersebut dapat melawan sebagian besar mikroba yang ada di udara, termasuk juga strain virus yang baru.  


Bahkan lampu UVC ini juga dapat membunuh Covid-19 lebih cepat daripada menggunakan disinfektan biasa. Memang penularan dari Covid-19 ini bisa disebabkan dari kontak langsung melalui sentuhan mulut, hidung, dan di area mata. Tidak hanya itu saja, Covid-19 bisa hidup juga di permukaan baja dan plastik selama 3 hari, dengan begitu membersihkan ruangan menggunakan disinfektan biasa ternyata masih meninggalkan kontaminasi residu. Maka dari itu, sangat disarankan agar anda bisa menggunakan sinar UVC corona untuk membersihkan ruangan di rumah anda. Menurut penelitian yang dilakukan Colombia University, dijelaskan bahwa sinar UVC terbukti dapat membunuh Covid-19, yaitu SARS-CoV-2 yang ada di dalam sebuah ruangan.

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai lampu UVC sebagai lampu pembunuh virus flu.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda