Pilih Kain Yang Tepat Untuk Membuat Masker Kain Motif Yang Ideal
Information
08 Jun 2020
Share

Untuk memenuhi kebutuhan akan masker di musim Covid-19 ini yang semakin menipis dan sulit didapatkan di apotek, maka banyak juga dari masyarakat yang mengembangkan masker kain motif sebagai alternatif agar masyarakat dapat tetap memiliki masker untuk melindungi diri. Apalagi mengingat bahwa harga masker n95 yang semakin tinggi, tentu tidak semua orang bisa memilikinya. Anda pun bisa menjumpai masker kain dengan motif-motif yang menarik ini di toko-toko hingga di pinggir jalan dengan dijual menggunakan kemasan plastik dan ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Bahkan dengan membeli masker kain motif, Anda tidak perlu membelinya dengan jumlah banyak karena bisa Anda cuci dan digunakan kembali.


Bagi anak-anak yang terkadang masih sulit untuk menggunakan masker karena alasan sumpek dan sebagainya, namun di sisi lain harus tetap digunakan, maka masker kain yang memiliki beragam motif dapat menjadi metode yang efektif untuk bisa mengajak anak menggunakan masker. Karena beberapa pedagang juga ada yang memproduksi masker kain motif anak-anak dengan warna yang menarik dan terlihat ceria. Sehingga, dengan begitu, anak-anak pun akan semangat menggunakannya. Lalu, jenis bahan apakah yang cocok dan nyaman untuk dibuat menjadi masker?


Bahan Yang Baik Untuk Membuat Masker Kain

Seperti yang dijelaskan di dalam liputan6com, masker kain motif perlu untuk dipilih bahan yang efektif untuk menghilangkan partikel, tetapi juga tidak menghambat pernapasan Anda. Dengan begitu, ketika Anda menggunakan masker tersebut, Anda dapat tetap bernafas dengan lancar. 


Sedangkan menurut situs Tirto.id, masker kain yang ideal adalah masker yang memiliki lapisan luar halus, lapisan bagian tengan dengan bahan yang tebal dan dijalin secara erat yang bisa ditemukan pada bahan seperti katun maupun nilon, lalu bagian lapisan dalam yang terasa nyaman. Karena lapisan-lapisan tersebut lah yang menjadi pokok atau inti agar pembuatan masker bisa efektif. Selain itu, masker tersebut juga harus diperhatikan untuk bisa membentuk secara pas di bagian mulut dan hidung. Dengan begitu, partikel-partikel yang ada di sekeliling Anda tidak bisa melewati celah tersebut.


Dan untuk bisa mendapatkan ukuran yang pas, maka masker kain motif tersebut bisa Anda kaitkan di kepala Anda dan dapat Anda gunakan dengan nyaman. Sedangkan kain yang perlu untuk Anda hindari dalam pembuatan masker kain ini adalah kain wol. Yang mana kain tersebut berpotensi untuk membuat Anda mengalami alergi atau mendapatkan iritasi pada kulit.


Dengan begitu, tetap lindungi diri Anda ketika keluar rumah dengan menggunakan masker kain motif. Dan jika Anda berniat untuk membuatnya secara sendiri, maka perhatikan dengan baik jenis kain yang cocok, nyaman, dan tetap bisa menghalau partikel-partikel di sekitar Anda yang kasat mata agar tidak bisa masuk dan terhirup oleh Anda.


Sumber:

https://www.liputan6.com/health/read/4220368/jenis-kain-paling-efektif-untuk-dijadikan-masker

https://tirto.id/cara-membuat-masker-sendiri-dengan-kain-katun-untuk-cegah-corona-eKaH
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda