Perjalanan Kebijakan Penggunaan Masker Kain Wajah
Information
09 Jun 2020
Share

Masker memiliki berbagai macam jenis, masker sering dibicarakan akhir-akhir ini apalagi saat terjadi pandemi Covid-19 seperti ini. Masker memang menjadi masalah yang sangat banyak dibicarakan sebab menjadi salah satu alat untuk perlindungan diri dari penularan virus ini. Saat ini masyarakat diwajibkan untuk menggunakan masker kain wajah untuk melindungi diri dan orang lain.


Mungkin pernah terbesit dalam pikiran Anda mengapa penyebaran virus ini terjadi sejak lama akan tetapi baru dilakukan perintah kewajiban menggunakan masker kain wajah ini ? Tentu saja kebijakan ini sangat berdasar. Berikut perjalanan kewajiban menggunakan masker kain : 


#1 Ketakutan Masyarakat atas Penularan Virus Corona

Yang pertama adalah saat terjadi penularan virus corona besar-besaran di Wuhan, China belum ada penelitian lebih lanjut bagaimana penularan dari virus ini, lalu banyak orang yang berasumsi seperti TBC yang menular melalui airborne sehingga banyak orang yang menggunakan masker khususnya masker bedah.


#2 Masyarakat Tidak Perlu Menggunakan Masker Kecuali Untuk yang Sakit

Setelah itu, masker menjadi langka karena banyaknya permintaan sehingga produsen kewalahan dalam menyediakan stok, belum lagi banyak oknum menimbun masker tersebut. Namun penelitian menemukan virus ini menular melalui droplet dan bukan airborne sehingga masyarakat tidak perlu menggunakan masker, fungsi masker kesehatan hanya digunakan untuk tenaga medis.


#3 Munculnya Pasien Covid-19 yang Tidak Timbul Gejala

Setelah banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker , ternyata muncul pasien covid-19 yang sudah positif akan tetapi tidak memiliki gejala dan bisa menularkan kepada orang lain. Hal ini sangat berbahaya sebab mereka yang terlihat sehat ternyata bisa menyebarkan virus corona. Hal ini membuat WHO kembali berpikir dan mengembangkan penelitiannya kembali.


#4 Kewajiban untuk Menggunakan Masker Kain Bagi Masyarakat

Setelah dilakukan berbagai penelitian, akhirnya WHO mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker akan tetapi menggunakan masker kain saja, masker kain ini terbukti memiliki efektivitas hingga 70% asal pemakaiannya baik dan benar. Jadi orang yang belum terkena akan aman dan orang yang sudah terkena pun tidak menularkan.


Kesimpulan

Jadi, karena penyakit Covid-19 ini adalah penyakit yang baru maka masih terus menerus dilakukan penelitian. Oleh karena itu, kebijakan WHO pun juga sering berubah karena mengacu pada penelitian yang terbaru. Untuk kebijakan yang terakhir ini, WHO mewajibkan kita untuk menggunakan masker kain wajah karena memiliki efektivitas sekitar 70% yang bisa menangkal virus corona ini masuk ke pernapasan serta keluar dari penderita covid-19 yang mungkin tidak bergejala. Oleh karena itu, jangan lupa menggunakan masker, selamatkan diri Anda dan orang di sekitar Anda, gotong royong untuk kesehatan bersama

 

Source: 

https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/anjuran-mengenai-penggunaan-masker-dalam-konteks-covid-19.pdf
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda