Perbedaan Masker Bowin N95 CV dan KN95 CV
Information
09 Jun 2020
Share

Anda tentu sadar pentingnya penggunaan masker di era pandemi ini. Tapi masker yang mana yang paling cocok dibeli? Di pasaran banyak orang menawarkan produk masker N95 dan KN95. Masker Bowin adalah penyedia dari kedua jenis ini. Baik Masker Bowin N95 CV dengan KN95 CV sama - sama high quality, tapi saat memilih yang ingin dibeli, banyak orang merasa ragu.


Bagi Anda yang ingin tahu perbedaan kedua tipe masker ini, mari bahas lebih dalam di bawah ini:


Beda Asal Negara

Masker N95 dan KN95 sekilas terlihat sama, tapi sebenarnya kedua desain masker ini di desain oleh dua belah pihak yang berbeda. Masker N95 adalah desain buatan Amerika dan merupakan pilihan nomor satu di dunia.


China sebagai Negara industri juga memiliki desain tersendiri untuk masker. Desain baru ini berdasarkan N95 tapi disesuaikan untuk kebutuhan produksi yang banyak. Jadi jika dilihat dari harga, KN95 akan lebih mudah dari N95 karena lebih mudah diproduksi.


Walaupun datang sebagai wave desain kelas dua, masker KN95 sudah mendapat pengakuan dari F.D.A  di Amerika. Saat kondisi supply masker mulai langka, Amerika tidak bisa membuat masker N95 dalam jumlah cukup. Karena itu mereka juga mengintegrasi KN95 yang lebih mudah diproduksi dan tersedia lebih banyak dari China. Sumber cerita ini bisa Anda Baca lebih jelas di New York Times.


Tes yang Digunakan Berbeda

Untuk mencapai standar masker kesehatan terbaik, masing – masing masker tentu harus melewati beberapa tes uji kelayakan. Dalam melakukan tes ini, kedua masker menjalani tes standar yang berbeda. Untuk N95, mereka menggunakan tes yang sudah dipatenkan oleh US NIOSH certification.


Tes ini akan melihat bagaimana besaran kebocoran udara di dalam masker ke luar. Besaran yang diukur akan berbeda tergantung dari bahan dan tujuan masker dibuat. Walaupun begitu, uji ini tetap tergolong ketat dan membuat pembuatan N95 lebih restriktif.


Untuk tipe KN95, tes yang digunakan adalah uji coba langsung dengan konsep mask fit test. Selama saat digunakan oleh manusia udara yang bocor di bawah 8%, masker tersebut sudah lolos tes dan siap dipasarkan. Uji coba ini tentu tidak seketat N95, tapi dari segi efektifitas, nilainya mendekati. Kelebihan uji coba yang lebih ringan ini membuat KN95 lebih mudah diproduksi dan juga dipasarkan secara luas.


Kemampuan Menghirup

Perbedaan yang terakhir adalah keamanan menghirup. Jika Anda membeli produk Masker Bowin N95 CV dan membandingkannya dengan KN95, Anda akan merasa N95 lebih nyaman untuk menghirup udara. Hal ini karena N95 lebih mementingkan keamanan menghirup udara. Jadi masker ini memastikan udara bisa masuk mudah dan tersaring.


Untuk KN95, udara mungkin tidak selancar N95, tapi masker ini mampu menghalangi udara keluar dengan lebih baik. Jadi jika Anda memiliki penyakit dan menggunakan KN95, kemungkinan Anda menulari orang lain akan lebih kecil dibanding menggunakan N95.


Sekian bahasan antara Masker Bowin N95 CV dengan KN95 CV. Mudah – mudahan bahasan ini dapat berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!

 


Source:

https://www.cdc.gov/niosh/npptl/topics/respirators/disp_part/n95list1.html

https://www.nytimes.com/2020/04/03/health/coronavirus-n95-kn95-masks.html
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda