Perbedaan Humidifier dan Purifier? Ada?
Information
20 Nov 2020
Share

Air purifier dan humidifier memang dikenal mirip dan memiliki nama yang sama. Namun, nyatanya ada perbedaan humidifier dan purifier yang dapat dengan jelas terlihat, lho! Meskipun memiliki objek yang sama yakni udara, tak lantas membuat kedua benda ini digunakan secara bersamaan.

Memang kedua benda ini sedikit kurang familiar, karena tidak semua orang saat ini menggunakan humidifier dan purifier. Oleh karena itu, kali ini Saya yang akan membahas mengenai hal ini termasuk apa saja perbedaan air purifier dan humidifier. Penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini ya!


Fungsi Utama
Perbedaan air purifier dan humidifier ini dimulai dari perbedaan fungsi utama kedua benda ini. Untuk purifier sendiri, berasal dari kata “ pure “ yang artinya jernih. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa fungsi utama dari penggunaan purifier ini sebagai alat penjernih, alat pembersih udara, yang dapat membebaskan udara dari bakteri dan virus – virus yang membahayakan kesehatan.

Hal ini tentunya berbeda dengan dengan air humidifier. Air humidifier ini dianggap sebagai alat yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan udara di dalam suatu ruangan. Nah, biasanya alat ini melembabkan udara tanpa mengeluarkan wewangian apapun, sehingga akan sangat baik digunakan ma bagi Anda yang memiliki masalah pernapasan misalnya seperti asma atau alergi terhadap sesuatu hal yang mengeluarkan aroma – aroma asing untuk diri Anda.


Tempat atau Lokasi Penggunaan
Ternyata, dari segi lokasi penggunaannya pun juga terdapat perbedaan air purifier dan humidifier ini. Seperti yang Anda ketahui, merujuk dari definisi purifier yang digunakan untuk menjernihkan dan membersihkan, membuat air purifier ini biasanya digunakan untuk ruangan – ruangan yang memang memiliki kualitas udara yang buruk. Sebut saja untuk Anda yang tinggal di perkotaan besar dan cenderung terbiasa dengan udara kotor yang berasap. Alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk Anda yang tinggal di dalam suatu ruangan yang sering digunakan untuk merokok atau melakukan kegiatan – kegiatan yang mengeluarkan asap dan mengganggu pernafasan orang – orang yang ada di dalamnya.

Hal ini jelas berbeda dengan air humidifier. Sesuai fungsinya yang digunakan sebagai pelembab ruangan, membuat air humidifier ini biasanya digunakan di ruangan – ruangan yang ber – AC dan juga kering. Seperti yang Anda ketahui, ruangan yang ber AC memiliki kelembaban yang rendah sehingga akan sangat mudah ruangan tersebut kering dan akhirnya membuat udara sekitarnya pun menjadi kering. Nah,  untuk itu, sangat pas jika penggunaan AC ini dilengkapi dengan air humidifier sehingga udara di ruangan tersebut bisa lebih lembab dibandingkan jika tidak menggunakannya.


Kebutuhan Akan Air
Selanjutnya, perbedaan kedua benda tersebut juga dapat dilihat dari sisi kebutuhan air kedua benda tersebut. Nah, untuk purifier sendiri, karena benda ini digunakan hanya sebagai penjernih, pembersih, penyaring suatu ruangan, sehingga kebutuhan kerjanya akan air tidak ada dan dapat bekerja dengan baik tanpa menggunakan air.
Sebaliknya, untuk air humidifier, karena jelas – jelas benda ini berfungsi untuk melembabkan, maka dalam proses kerjanya, benda ini membutuhkan air. Biasanya dalam satu kali penggunaan, air humidifier ini membutuhkan setidaknya 3 liter air, kemudian nantinya air modifier dengan mudahnya akan menyemprotkan air sedikit demi sedikit ke ruangan untuk melembabkan udara di ruangan tersebut.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai perbedaan humidifier dan purifier. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda kedepannya ya!
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda