Perbedaan Alat Penyaring Udara dengan AC
Information
24 Nov 2020
Share

Sangat jelas sekali bahwa bentuk AC dan alat penyaring udara itu berbeda tetapi masih ada sebagian orang yang menilai kedua alat itu punya fungsi yang sama. Hal itu salah besar ya!
Ada perbedaan air cooler dan air purifier yang besar, untuk lebih jelasnya Anda bisa membACa ulasan perbedaan di bawah ini.


Pengertian AC
AC atau Air Conditioner adalah sebuah alat untuk menyerap udara luar yang kemudian merubah suhu lingkungan sebelumnya menjadi suhu yang lebih rendah dengan sistem yang ada di dalamnya. Cara kerja AC yaitu mengambil udara dari lingkungan yang nantinya diserap oleh mesin pendingin dan menghembuskannya kembali tanpa adanya sistem filter saringan untuk menangkal kuman atau virus ukuran mikro. 

Sistem yang ada dalam AC hanya sistem pendinginan saja, tak heran jika penularan korona terjadi dengan cepat apabila ada alat ini. Ukuran partikel udara yang diambil dan dihembuskan masih sama dan beberapa orang yang sensitif dengan AC malah menjadikan organ pernafasannya sakit. Sakit yang diderita seperti sesak nafas, batuk atau radang karena tidak dilengkapi dengan sistem HEPA atau penyaringan udara terhadap virus.

 
Pengertian Penyaring Udara
Alat filter udara ruangan atau penyaring adalah sebuah alat yang fungsinya menetralkan udara sekitar menjadi lebih bersih dan tidak dilengkapi dengan pendingin suhu. Sistem kerjanya cukup ekstra ketat daripada AC, udara yang masuk ke alat penyaring udara harus melalui tahapan pertama yakni penyaringan dengan komponen filter HEPA, kemudian setelah partikel tersebut menempel lanjut masuk ke bagian penyinaran, pengaturan kelembaban udara dan barulah dikeluarkan kembali ke lingkungan. 

Alat ini tidak bersuhu dingin namun efeknya bisa Anda rasakan dengan cepat. Udara yang kotor (asap bebakaran) akan cepat diserap oleh alat penyaring udara dan tak lama udara kembali jernih. Jumlah asap atau udara kotor yang diserap ini masih memiliki standar ya, Anda tidak diperkenankan sengaja membakar dan menimbulkan asap dalam jumlah besar dan kemudian memasang alat ini di dekat udara yang kotor tersebut. Alat ini akan lekas rusak karena tujuannya adalah menjernihkan udara yang ada di ruangan bukan alat penyedot udara kotor skala besar. 


Perbedaan AC Dan Penyaring Udara
Melihat definisi masing-masing alat maka bisa dinilai perbedaan kedua, untuk AC hanya memutar udara menjadi lebih dingin suhunya sedangkan penyaring udara mengolah udara yang kotor menjadi lebih bersih kembali tetapi tidak bersuhu dingin. Alat air purifier bisa membunuh partikel kuman hampir 90% sedangkan untuk AC tidak ada kemampuan demikian. Kendati ada AC yang diproduksi dengan sistem penyaringan udara tetapi kinerjanya tidak seefisien dari alat penyaring udara. Udara yang dihasilkan akan lebih bersih dengan penyaring udara daripada AC.

 
Bagaimana Jika AC Dan Penyaring Udara Jadi Satu Ruangan?
Tidak masalah, masing-masing alat akan bekerja sesuai dengan tugasnya. Kita tidak bisa menahan hawa panas lingkungan jadi boleh memakai AC untuk mendinginkan ruangan. Namun faktanya udara yang panas memang membawa kuman dari luar dan bisa dinetralkan dengan penyaring udara yang berkualitas. Penempatan AC dan penyaring udara hendaknya agak berjauhan sehingga sirkulasi yang dihasilkan tidak rancu. AC bisa dipasang di bagian atas jendela agar udara dari luar bisa didinginkan sedangkan untuk penyaring udara bisa ditempatkan di dekat pintu masuk karena sirkulasi udara keluar masuknya akan lebih tinggi.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda