Perbedaan Air Purifier Dengan Humidifier
Information
20 Nov 2020
Share

Anda pasti pernah mendengar beberapa alat yang digunakan untuk kebutuhan kebersihan udara seperti Air Purifier dan juga humidifier bukan? Berbagai alat ini dijual dengan bebas dan bisa Anda beli dengan mudah baik itu secara online maupun offline, harganya pun bervariasi mulai dari yang murah sampai yang mahal dengan banyak fitur dan teknologinya. Kebersihan udara menjadi hal yang amat penting untuk Anda perhatikan karena ada banyak penyakit yang dapat tersebar melalui udara. Namun tahukah Anda tentang perbedaan humidifier dan Air Purifier?  Agar Anda tidak salah dalam memilih salah satu dari alat tersebut maka sebaiknya Anda mengetahui perbedaannya agar dapat memanfaatkannya dengan baik sesuai kebutuhan. 


Perbedaan Berdasarkan Fungsinya
Untuk mengetahui apa fungsi dari Air Purifier dan humidifier maka Anda baiknya menelaahnya melalui arti dari namanya. Air Purifier adalah pemurni udara berdasarkan arti kata. Terdapat kata pure yang berarti murni dalam bahasa Indonesia yang ada pada nama Air Purifier. Sehingga dengan demikian Air Purifier berfungsi untuk memurnikan dan menjernihkan udara yang ada disekitarnya agar bisa terbebas dari berbagai bakteri dan virus. Sedangkan dalam kata humidifier terdapat kata humid yang berarti lembab dalam bahasa Indonesia. Sehingga bisa diartikan bahwa Humidifier ini adalah alat untuk melembabkan udara , dengan udara yang lembab maka berbagai polutan alergi pun bisa dihilangkan. 


Perbedaaan Berdasarkan Letak Penggunaan
Perbedaan lainnya yang bisa didapat antara Air Purifier dan humidifier adalah pada letak penggunaannya. Saat Anda menggunakan Air Purifier maka Anda akan menempatkannya pada ruangan yang memiliki kualitas udara yang buruk, seperti misalnya ruangan yang menghadap ke jalan raya besar yang memiliki banyak polusi. Untuk itu Anda membutuhkan Air Purifier ruangan yang bagus agar bisa membersihkan udara dari polusi. Sedangkan untuk humidifier baiknya ditempatkan dalam ruangan ber-AC dan ruangan yang udaranya kering, agar bisa menjadi lebih lembab dan tentunya lebih baik untuk pernapasan Anda saat berada di dalam ruangan tersebut.
Perbedaan Berdasarkan Kecepatan Penguapan


Ketika Anda menggunakan Air Purifier maka Anda tidak membutuhkan cairan apapun untuk difungsikan di dalam alat ini, Air Purifier hanya akan menyerap udara kemudian menyaringnya dan mengeluarkan udara yang yang sudah tersaring ke lingkungan di sekitarnya, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 120 menit untuk bisa membersihkan udara. Sedangkan untuk humidifier biasanya membutuhkan cairan tertentu untuk melembabkan udara dan menghilangkan berbagai bakteri di sekitarnya. Kecepatan penguapan cairan tersebut tergantung pada suhu dalam ruangan, jika suhu tinggi maka tentunya cairan cepat menguap. Dilihat dari kecepatan penguapan ini maka Nampak jelas perbedaannya dimana alat Air Purifier ini tidak membutuhkan cairan apapun.


Perbedaan Berdasarkan Cara Kerja
Sebelumnya sudah dijelaskan sekilas bahwa Air Purifier itu bekerja dengan menyaring udara yang ada di sekitarnya dan mengeluarkan kembali udara yang sudah bersih. Sedangkan humidifier akan melembabkan udara dan mengeluarkan uap hangat sehingga udara di sekitarnya terasa lebih lembab. 

Nah dari beberapa perbedaan antara Air Purifier dan humidifier itu maka Anda bisa melihat mana sekiranya diantara Air Purifier atau humidifier yang paling Anda butuhkan di ruangan Anda. Jangan sampai Anda salah membeli karena tidak tahu perbedaannya. Dengan adanya perbedaan ini maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menggunakannya di rumah atau di kantor Anda.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda