Perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier
Information
20 Nov 2020
Share

Belakangan ini kualitas udara memang sedang kurang baik untuk kesehatan. Hal ini tak lain karena kurangnya penyaring udara alami seperti pepohonan. Selain itu semakin lama jumlah pemukiman dan juga gedung-gedung semakin banyak. Alhasil kualitas dari udara yang tadinya menyehatkan menjadi lebih berkurang. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka orang yang menghirup akan memiliki kondisi yang kurang baik. Alternatif yang bisa dilakukan pada saat anda di dalam ruangan atau hunian adalah dengan menggunakan alat air purifier.


Pengertian air purifier
Mungkin dari beberapa orang belum mengerti apa itu air purifier. Air purifier adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk kedalam ruangan atau hunian yang telah kita tempati. Saat ini air purifier ini sudah dijual secara masal dengan berbagai merek dan juga ukurannya. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin membelinya.


Perbedaan humidifier dan purifier
Banyak orang mengira bahwa air purifier dan air humidifier itu sama. Padahal kedua alat tersebut sebenarnya tak sama meskipun bentuknya memang terlihat mirip antara satu sama lain. Untuk lebih jelasnya maka pada sub judul ini akan dibahas terkait perbedaan humidifier dan purifier.

1. Fungsi

Jika dilihat dari fungsinya kedua alat tersebut memiliki perbedaan. Fungsi dari air purifier adalah untuk memfilter atau menjernihkan semua bakteri atau virus yang terdapat pada udara yang akan masuk kedalam suatu ruangan tertentu. Sedangkan untuk air humidifier memiliki fungsi untuk melembabkan udara yang berada didalam suatu ruangan. Perlu diketahui bahwa air humidifier ini tidak mengeluarkan suatu aroma ketika sedang bekerja. 

2. Peletakan

Hal kedua yang menjadi pembeda antara kedua alat tersebut adalah tata letaknya. Untuk posisi tata letak dari air purifier adalah untuk suatu ruangan yang didalamnya memiliki kadar udara yang buruk untuk kesehatan, seperti suatu ruangan yang didalamnya terdapat banyak asap rokok. Sedangkan untuk air humidifier lebih sering ditempatkan pada suatu ruangan yang menggunakan AC dan tentunya ruangan tersebut dalam keadaan kering.

3. Kecepatan uap yang dikeluarkan

Kecepatan uap yang dikeluarkan oleh air purifier dan juga air humidifier sangatlah berbeda. Air purifier untuk bisa menguap tidak memerlukan suatu cairan. Alat ini bisa bekerja untuk membersihkan suatu udara dalam suatu ruangan dalam jangkauan waktu sekitar 30 menit hingga 120 menit lamanya. Sedangkan untuk air humidifier untuk bisa mengeluarkan uap membutuhkan suatu cairan. Dan waktu yang dibutuhkan untuk bekerja melembabkan udara didalam suatu ruangan tergantung dari temperatur yang ada di dalam ruangan tersebut. 

4. Kebutuhan air 

Banyak orang yang masih sering bertanya-tanya apakah air purifier dan air humidifier membutuhkan air ketika sedang bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tentunya kedua alat tersebut ada yang membutuhkan dan ada yang tidak membutuhkan air. Ketika air purifier sedang bekerja memfilter suatu udara maka alat ini tidak membutuhkan air. Sedangkan untuk air humidifier ketika bekerja melembabkan suatu udara dalam suatu ruangan, maka alat ini membutuhkan air. Air yang dibutuhkan adalah sekitar 3 liter banyaknya. 

5. Cara kerja

Perbedaan yang terakhir dari kedua alat tersebut adalah cara kerja. Air purifier memiliki cara kerja seperti menyerap udara dari luar lalu udara tersebut difilter kotorannya dan dikeluarkan dalam keadaan bersih dan baik untuk kesehatan. Sedangkan cara kerja dari air humidifier adalah untuk melembabkan suatu udara dalam ruangan. Dan tentunya hasil yang dikeluarkan adalah berupa uap hangat.

Dari perbedaan yang telah dijelaskan pada isi artikel diatas maka sudah jelas jika air purifier dan air humidifier itu berbeda dari berbagai seginya.

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda