Perbedaan Air Cooler dan Air Purifier
Information
24 Nov 2020
Share

Barangkali masih ada yang belum bisa membedakan antara air cooler dengan air purifier. Keduanya memang sering dikira sama, padahal memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah letak bedanya.


Perbedaan Air Cooler dan Air Purifier
Sama-sama terkait dengan perbaikan kondisi udara maka antara air cooler 
alat pemurni udara seringkali dianggap sama. Padahal antara keduanya memiliki perbedaan fungsi. Berikut ini letak bedanya tersebut.


Air Cooler
Alat ini seringkali digunakan sebagai alternatif pengganti AC atau Air Conditioner dengan fungsi utama yang ingin didapat yakni untuk mendinginkan udara, meski cara kerjanya berbeda dan juga hasilnya serta besaran daya listrik yang diperlukan juga berbeda. Jika AC bisa memberi efek dingin suhu udara secara lebih maksimal dengan adanya freon dan lain sebagainya  maka cara kerja air cooler lebih sederhana  yakni dengan menghembuskan udara sehingga dengan adanya angin maka suhu udara bisa lebih bisa diturunkan dan dirasakan lebih sejuk. Air cooler dilengkapi dengan air yang turut disemprotkan bersamaan dengan hembusan anginnya sehingga suhu udara bisa menjadi lebih dingin. Dengan demikian maka kondisi kelembaban udara juga bisa lebih bertambah, hal ini berbeda dengan hasil udara dari penggunaan AC yang bisa menjadi lebih kering dan berkurang kadar kelembabannya. Jadi fungsi utama air cooler ialah sebagai penurun suhu udara dan ada juga fungsi tambahannya yakni sebagai penambah kelembaban udara.


Air Purifier
Beda lagi dengan yang namanya air purifier atau penjernih udara atau pemurni udara, fungsinya ialah untuk membersihkan udara. Kondisi udara yang secara kasat mata kelihatannya bersih-bersih saja namun sebenarnya mengandung berbagai partikel kecil-kecil dan bahkan super kecil yang tak kasat mata tapi berbahaya dan berpotensi mengganggu kesehatan manusia yang menghirupnya. Nah, air purifier ini bisa digunakan untuk menyaring debu, bakteri dan virus, serta jamur dan juga asap serta bau tak sedap sehingga kualitas udara bisa menjadi lebih baik. Di saat wabah Covid 19 seperti sekarang ini manfaat dari air purifier tersebut sangat diperlukan, terutama bagi bayi dan anak-anak serta para lanjut usia dan juga oleh penderita asma dan alergi debu dan tungau serta orang yang sedang sakit dan lemah daya imunnya dan menurun daya tahan tubuhnya sehingga sangat rentan terserang berbagai penyakit termasuk akibat kualitas udara kotor yang dihirupnya setiap harinya. Bau yang tidak sedap juga bisa sangat mengganggu, hal tersebut bisa dengan mudah dan cepat segera diatasi dengan memasang alat air purifier.


Penggunaannya
Air Cooler dan Air Purifier bisa digunakan secara terus menerus namun perlu sesekali secara berkala di cek kondisinya dan dibersihkan. Air Purifier perlu diganti secara berkala filter penyaring udaranya, apalagi jika kondisi udara di rungan sangat kotor dan parah serta buruk sekali kualitasnya, banyak debu berterbangan atau terlalu lembab sehingga banyak jamur dan tungau serta hewan kecil lainnya juga berbagai bakteri serta virus yang terkandung di dalamnya, seperti di lingkungan rumah sakit atau dekat jalan raya atau dekat lokasi pabrik dan semacam itu maka filter air purifier nya akan mudah dan cepat menjadi kotor, sehingga perlu diganti. Sedangkan air cooler perlu selalu dijaga kebersihan tabung airnya, agar tidak berjamur dan bahkan berlumut.
Itulah beda antara air cooler dengan air purifier tersebut, yang satu untuk mendinginkan suhu udara dan menambah kelembaban udara sedangkan yang satu lagi fungsinya ialah untuk memperbaiki kualitas kebersihan udara.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda