Peran desinfektan selama masa pandemi Virus Corona
Information
03 Dec 2020
Share

Selain hand sanitizer dan silver ion, maka benda lainnya yang dipercaya bisa membasmi berbagai virus, kuman dan bakteri, termasuk juga dengan virus Corona, dan wajib dibawa pada saat ketika masa wabah dan pandemi virus Covid 19 ini adalah disinfectant spray. 


Apa itu Desinfektan Spray
Berbeda dengan hand sanitizer yang digunakan sebagai alternatif pilihan lain pengganti cuci tangan seperti ketika sedang berada di luar rumah, di perjalanan atau juga jika di lokasi yang sulit air atau tidak terdapat akses air yang mengalir juga sabun, maka desinfektan itu penggunaannya ialah lebih pada benda atau permukaan berbagai peralatan yang biasa digunakan sehari-hari, yakni seperti ada sepatu, atau gagang pintu, tombol lift remote AC, kran air dan juga tas serta berbagai barang atau benda publik yang sering tersentuh tangan banyak orang. Disinfektan pun banyak dijual dan  tersedia dalam bentuk kemasan spray yang bisa dibawa-bawa pada saat harus keluar rumah. Disinfektan spray beli dimana? Desinfektan spray bisa dibeli di apotik atau di berbagai toko dan supermarket juga bisa dibeli secara online, bahkan beberapa orang ada juga yang membuat sendiri desinfektan guna memenuhi keperluannya sehari-hari. Ada juga disinfektan spray kecil yang praktis karena bisa dibawa-bawa kemana-mana pada saat bepergian, karena muat ditaruh di dalam tas.


Berbagai Jenis Desinfektan
Guna mensterilkan benda mati, maka bisa digunakan cairan desinfektan. Lalu meskipun sama-sama manfaatnya untuk menghambat ataupun membunuh mikroorganisme, tapi antiseptik dengan disinfektan memiliki fungsi juga dengan takaran kandungan zat kimia yang berbeda-beda Berikut ini adalah jenis-jenis desinfektan yang dapat digunakan guna menangkal penyebaran wabah COVID 19.


Larutan Pemutih Hipoklorit
Disinfektan ini terbuat dari bahan aktif Zat Aktif Hipoklorit. Dengan takaran yakni 30 ml atau sekitar 2 sendok makan per 1 liter air. Itulah komposisinya. Dengan catatan hanya gunakan untuk benda mati atau berupa permukaan suatu barang atau benda mati. Cairan 


Karbol atau Lysol
Terbuat dari Zat Aktif dengan yang namanya Fenol. Maka takaran desinfektan ini adalah terdiri dari 30 ml atau sekitar 2 sendok makan untuk per 1 liter air. Lalu cairan desinfektan ini pun efektif digunakan untuk mengoles atau memoles dan menyemprotkan berbagai permukaan benda publik dan benda amati lainnya, guna mencegah penularan virus penyakIt, juga kuman dan bakteri.


Disinfektan Peroksida
Ada juga yang namanya Desinfektan Peroksida, yang merupakan desinfektan yang berbahan dasar zat Aktif Hidrogen Peroksida. Takarannya tinggal disesuaikan dengan Petunjuk Penggunaan dan yang juga panduan yang telah sesuai dengan aTuran Pengawasannya. Disinfektan ini bisa  digunakan juga pada kulit manusia dengan batas takaran maksimal tertentu selain digunakan untuk mengoles pada permukaan benda mati.


Larutan Klorin
Terbuat dari bahan aktif yang namanya  Hipoklorit maka takarannya Untuk APD ialah dengan  konsentrasi minimal 3 persen, sedangkan untuk kebutuhan membersihkan ruangan maka tingkat konsentrasinya minimal 6 persen. Disinfektan ini hanya bisa digunakan untuk barang atau benda mati saja.


Disinfektan Diamin
Cairan desinfektan yang namanya Desinfektan Diamin ini terbuat dari zat Aktif yaitu aminopropyl dan dodecylpropane serta diamine. Takarannya adalah sesuai dengan Petunjuk Penggunaannya dan harus sesuai dengan aturan Pengawasannya. Sedangkan penggunaannya  terbatas hanya bisa untuk permukaan barang atau benda mati saja. 


Pembersih Lantai Klorida
Pembersih Lantai juga bisa digunakan, dengan menggunakan zat Aktif berupa zat kimia yang namanya  Benzalkonium Klorida. Maka takarannya ialah 1 tutup botol untuk setiap per 5 liter air. Cairan ini juga terbatas hanya bisa digunakan untuk benda mati saja. 

Itulah beberapa jenis desinfektan yang bisa dipergunakan.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda