Penggunaan Hand Sanitizer Yang Sebaiknya Anda Hindari 
Information
02 Dec 2020
Share

Jika sebelumnya banyak orang yang bertanya mengenai apa itu hand sanitizer. Kini lebih banyak orang yang telah mengenalnya. Bahkan para penggunanya pun jauh lebih banyak. Hal ini berkaitan dengan kondisi pandemi covid-19 yang masih berlanjut, sehingga penggunaan hand sanitizer menjadi salah satu solusi tepat dan mudah untuk menjaga kebersihan diri. 


Mengenal jenis hand sanitizer 
Saat ini ada beragam jenis hand sanitizer yang tersebar di masyarakat Indonesia. Dimulai dari jenis hand sanitizer dengan bentuk gel, cair hingga busa. Namun jenis yang paling sering digunakan adalah hand sanitizer gel serta cair atau spray. Kedua hand sanitizer tersebut dapat Anda temukan dengan mudah dengan harga terjangkau. 

Meskipun penggunaan hand sanitizer ditujukan untuk menjaga kebersihan diri Anda, utamanya bagian tangan dari bakteri, virus, jamur dan beragam jenis kotoran serta kuman lainnya. Faktanya, penggunaan hand sanitizer tidak akan berjalan dengan efektif apabila Anda menggunakannya dengan cara yang salah. Berikut ini adalah beberapa bentuk penggunaan hand sanitizer yang tidak tepat, di antaranya : 

1. Asal menggosok 

Menggunakan hand sanitizer tidak hanya dilakukan dengan asal-asalan, seperti menuangkannya beberapa tetes pada tangan dan kemudian menggosokkannya begitu saja. Dalam hal ini pastikan untuk menggosoknya secara tepat dan benar seperti ketika Anda mencuci tangan. 

Pasalnya ketika Anda mencuci tangan saja, dibutuhkan cara yang tepat, agar setiap kuman yang menempel padanya dapat dihilangkan dengan mudah. Karena jika mencuci tangan secara asal-asalan seperti hanya menggosok bagian tertentu saja, maka dapat dipastikan kuman pun akan tetap ada dan menempel padanya. Begitu pun pada penggunaan hand sanitizer yang berubah menjadi tidak efektif karena asal menggosok begitu saja. 

2. Menggunakannya ketika tangan kotor 

Cara lainnya yang juga dinyatakan kurang tepat atau salah dalam penggunaan hand sanitizer adalah ketika Anda menggunakannya pada tangan yang kotor. Maksud dari tangan yang kotor ini adalah ketika posisi tangan Anda dipenuhi dengan lumuran kotoran lainnya seperti halnya berlumuran lumpur, tanah dan lainnya. 

Ketika berada dalam posisi tersebut, tentunya kurang efektif bagi Anda untuk menggunakan hand sanitizer. Pasalnya penggunaannya pun tidak akan menghilangkan lumpur atau bahkan tanah yang menempel pada bagian tangan Anda. Karena itulah ketika berada pada posisi tersebut, maka sebaiknya Anda membersihkan diri dengan cara mencucinya menggunakan air mengalir serta sabun. 

3. Menggunakannya ketika menyiapkan bahan masakan 

Cara lainnya yang juga kurang efektif dari penggunaan hand sanitizer adalah ketika Anda menyiapkan bahan masakan. Kegiatan mempersiapkan bahan masakan yang dilakukan di dapur seringkali membuat Anda merasa kotor. Hal ini berkaitan dengan posisi tangan Anda yang menyentuh banyak benda dari bahan masakan tersebut.

Seperti halnya menyentuh bawang, daging, nasi dan lainnya. Namun untuk menjaga kondisi tangan agar tetap bersih, sebaiknya Anda tidak menggunakan hand sanitizer dan membersihkan tangan dengan menggunakan air mengalir. Mengapa demikian? Karena penggunaan hand sanitizer tidak efektif untuk digunakan ketika memasak dan justru dapat menimbulkan kontaminasi pada jenis bahan masakan yang akan digunakan. 

4. Penggunaan terlalu sering 

Selain beberapa hal di bagian atas tadi, penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering juga tidak efektif untuk Anda lakukan. Pasalnya penggunaan hand sanitizer secara berlebih justru dapat membuat kuman atau bahkan kotoran lainnya yang ada pada tangan Anda menjadi resisten atau kebal terhadap penggunaan hand sanitizer. Bahkan penggunaan terlalu sering juga dapat menjadikan permukaan kulit tangan Anda berubah menjadi kering. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai cara penggunaan antiseptic hand sanitizer yang kurang tepat. 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda