Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Air Purifier
Information
23 Nov 2020
Share

Sebenarnya mengatasi kualitas udara yang buruk pada suatu ruangan bukanlah perkara rumit. Ada solusi praktis yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan udara. Yakni dengan air purifier. Air purifier adalah alat yang diklaim mampu menghasilkan udara segar sehingga kualitas udara dalam suatu ruangan akan meningkat. 


Manfaat Air Purifier 
Fungsi utama air purifier adalah untuk membersihkan udara. Tingkat kemampuannya dalam membersihkan udara bahkan mencapai 95%. Namun, selain meningkatkan kualitas udara, air purifier ternyata memiliki beberapa manfaat penting bagi Anda. Simak ulasan berikut ini untuk mengenal manfaat dari air purifier. 

1. Menghilangkan virus dan bakteri

Salah satu manfaat umum dari alat pembersih udara ini adalah menghilangkan virus dan bakteri yang ada di ruangan. Untuk urusan menangkal virus dan bakteri, beberapa air purifier bahkan dibekali dengan Plasmacluster sehingga udara yang dihasilkan bisa lebih sehat. Selain itu, beberapa tipe air purifier juga bermanfaat untuk menyedot debu dan menangkap nyamuk dalam ruangan. Air purifier jenis ini biasanya dilengkapi dengan sinar uv yang dapat menarik perhatian nyamuk. 

2. Membantu penderita alergi dan asma

Dari segi kesehatan, air purifier diyakini mampu membantu penderita asma dan alergi. Hal ini dikarenakan air purifier memiliki teknologi tertentu yang dapat menangkap partikel alergen. Alat pembersih udara yang cocok untuk penderita asma dan alergi adalah air purifier yang dilengkapi dengan HEPA filter. HEPA filter sendiri adalah singkatan dari High Efficiency Particulate Air. HEPA filter terdiri dari beberapa lapis yang terbuat dari fiberglass dan mampu menangkap partikel terkecil sekalipun. Air purifier yang dilengkapi dengan HEPA filter ini diklaim mampu menangkap 99,97% penyebab alergi. 

3. Menghilangkan bau tidak sedap

Manfaat berikutnya adalah menghilangkan bau tidak sedap. Bau tak sedap pada suatu ruangan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Kondisi ini dapat memburuk jika kualitas udara tidak baik. Bahkan kemampuan air purifier dalam menghilangkan bau tidak sedap telah diakui dan lolos uji tes.

4. Mengatasi asap rokok

Asap rokok bisa jadi ancaman besar untuk perokok pasif. Dampaknya tidak kalah berbahaya dari yang dialami perokok aktif. Asap rokok ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit serius seperti bronkitis, asma, radang paru-paru, dan lain sebagainya. Nah, alat pembersih udara ini adalah pilihan terbaik untuk mengatasi asap rokok tersebut. 

5. Mengurangi jamur dalam ruangan

Selain membasmi virus dan bakteri, air purifier dapat memberantas jamur yang ada di rumah Anda. Jamur menjadi masalah yang serius, sebab keberadaannya bisa jadi sumber penyakit. Kemampuan air purifier dalam memberantas jamur pun telah dibuktikan melalui serangkaian tes yang dilakukan Japan Food Research Laboratories.


Cara Kerja Air Purifier
Setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapat dari air purifier, saatnya Anda mengetahui cara kerja air purifier. Pada dasarnya cara kerja air purifier cukup sederhana. Ketika alat ini Anda menyalakan, kipas yang terdapat di dalam air purifier akan menyedot udara dalam ruangan. Udara ini akan ditangkap oleh filter yang terletak di belakang air purifier. Setelah mengalami proses filtrasi, udara akan disalurkan kembali melalui penyalur yang berada di bagian depan air purifier. Udara hasil filtrasi ini tentunya mempunyai kualitas yang lebih baik. Sebab debu, bakteri, kuman, dan partikel berbahaya lainnya telah dibersihkan. 

Itulah pengertian, manfaat, dan cara kerja dari air purifier. Untuk meningkatkan kualitas udara, pastikan Anda memilih air purifier dengan kualitas terbaik. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda