Panduan Penggunaan Masker untuk Cegah Virus dari WHO
Information
09 Jun 2020
Share

Dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini, menggunakan masker bukan hanya memberikan perasaan terlindungi, tapi juga diwajibkan dengan tujuan untuk menekan persebaran virus. Karena itu, terlepas dari apa jenis masker yang Anda kenakan, misalnya masker N99 Surabaya, masker bedah, maupun masker kain sekalipun, Anda perlu menerapkan langkah-langkah yang tepat saat Anda akan menggunakan hingga melepasnya.


Badan kesehatan dunia WHO sendiri telah merilis panduan cara memakai masker kesehatan yang baik dan benar. Tujuannya tentu agar penggunaan masker dapat benar-benar membantu menekan persebaran virus secara optimal. Meski demikian, WHO dalam pernyataan medianya juga telah menegaskan bahwa penggunaan masker saja tidak cukup untuk mencegah virus, terutama COVID-19. Pasalnya, langkah ini juga perlu diimbangi dengan langkah-langkah pencegahan lain.


Kalau begitu, bagaimana ya cara memakai masker yang sesuai dengan arahan WHO? Berikut ini adalah rangkuman mengenai kapan dan bagaimana masker digunakan, seperti yang dirangkum di dalam anjuran WHO bagi masyarakat.


Yang Perlu Diperhatikan

Perhatikan dan terapkan hal-hal berikut ini sebelum, selama, dan setelah menggunakan masker.

  • Sebelum menggunakan masker, cuci tangan terlebih dahulu sampai bersih menggunakan sabun dan air, atau dengan hand sanitizer jika kondisi tangan Anda tidak terlihat kotor dan Anda sedang tidak bisa mengakses air dan sabun.
  • Saat memasang masker, pastikan bahwa bagian mulut dan hidung telah tertutupi dengan baik, serta pastikan tidak ada jarak antara wajah dengan masker. Artinya, masker menempel yang pas dan rapat.
  • Hindari menyentuh masker selama penggunaan; apabila Anda sadar telah menyentuh pasker, segera cuci tangan Anda dengan sabun dan air, atau dengan hand sanitizer.
  • Ganti masker lama atau yang telah Anda gunakan dengan masker yang baru sesegera mungkin begitu masker lembap atau basah, serta jangan menggunakan kembali masker sekali pakai.
  • Saat melepaskan masker, pegang talinya dan jangan sentuh bagian depan, lepaskan masker dan masukkan ke dalam wadah tertutup, lalu cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.

Untuk menurunkan risiko persebaran virus, WHO juga merekomendasikan langkah-langkah berikut ini:

  • Terapkan kebiasaan mencuci tangan yang baik. Idealnya, cucilah tangan Anda secara menyeluruh dengan sabun dan air bersih mengalir, minimal selama 20 kali.
  • Gunakan hand sanitizer jika Anda dalam situasi di mana Anda tidak bisa mengakses air bersih dan sabun. Hand sanitizer yang dianjurkan adalah yang mengandung minimal alkohol 60%.
  • Hindari menyentuh wajah, mulut, hidung, dan mata, terutama jika Anda belum mencuci tangan.
  • Jaga jarak Anda dari orang lain dalam situasi apapun. Rekomendasi dari CDC adalah 2 meter.
  • Hindari tempat-tempat umum dan kerumunan.
  • Perbanyak waktu untuk beraktivitas di rumah dan beristirahat.

Masker bedah atau surgical mask bisa memberikan perlindungan dari partikel-partikel udara berukuran besar, sementara masker N95 memberikan perlindungan lebih baik dari partikel yang lebih kecil. Dan jika Anda dalam kondisi sehat serta tidak menunjukkan gejala, Anda bisa gunakan masker kain sesuai anjuran Kementerian Kesehatan RI.

 

Source: 

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks

https://www.who.int/indonesia/news/detail/06-03-2020-media-statement-the-role-and-need-of-masks-during-covid-19-outbreak

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/prevention.html?CDC_AA_refVal=https%3A%2F%2Fwww.cdc.gov%2Fcoronavirus%2F2019-ncov%2Fprepare%2Fprevention.html
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda