Panduan Membuat Masker Kain Lipat
Product Tips
08 Jun 2020
Share

Pemerintah menganjurkan agar setiap masyarakat yang beraktivitas di luar rumah agar menggunakan masker untuk mencegah penularan virus Covid 19. Unicef sebagai salah satu lembaga kesehatan dunia juga merilis bahwa penggunaan masker merupakan salah satu tindakan pencegahan penularan Covid 19. Namun kebutuhan masker yang sangat tinggi saat ini membuat masker kesehatan sulit didapatkan. Walaupun ada,  harga dari masker tersebut menjadi sangat mahal. Agar bisa tetap aman beraktivitas di luar ruangan, maka penggunaan masker kain lipat  juga menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan.

 
Efektivitas Masker Kain Untuk Mencegah Virus


Masker kain memang tidak seefektif masker bedah dan masker N95 dalam memfilter udara, namun masker non medis ini menjadi masker yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan agar digunakan oleh masyarakat. Penggunaan masker sebenarnya diperuntukkan agar si pemakai masker tidak menularkan virus kepada orang lain. Saat berbicara, bersin, atau batuk, alir liur akan keluar dari mulut. Alir liur tersebut jika mengandung bakteri atau kuman akan menular ke orang lain saat ke luar dari mulut. Oleh karena itu penggunaan masker kain akan membuat air liur, bakteri dan juga kuman akan tertahan dan tidak mengenai oleh orang lain. Penggunaan masker kain ini akan efektif melindungi orang disekitar anda dari penularan bakteri dan virus tersebut.

  
Cara Membuat Masker Kain Lipat

Jika masker kesehatan langka di pasaran,  maka anda bisa membuat sendiri masker kain sebagai pelindungan diri. Cara membuat masker kain juga sangat gampang. Yang penting masker tersebut harus memenuhi syarat sebagaimana dianjurkan oleh WHO. Masker kain tersebut setidaknya harus terdiri dari 3 lapisan. Membuat lipatan pada masker kain akan membuatnya memiliki beberapa lapisan. 


Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat masker kain adalah menyiapkan bahan. Anda bisa menggunakan bahan kain katun atau juga kain serbet untuk membuatnya. Selain itu anda juga perlu menyiapkan bahan lain seperti gunting, benang, dan juga tali atau karet. Cara membuatnya, yakni bentuk kain menjadi persegi panjang, dengan ukuran sekitar 30 x 15 cm.


Setelah itu tumpuk dua kain yang telah anda potong sebelumnya.  Pada bagian luar kain masker, berikan lipatan, seperti jenis lipatan yang terdapat pada masker bedah. Setelah itu, satukan kedua kain tersebut dengan cara menjahit seluruh pinggirannya. Sebisa mungkin jahit seluru pinggiran secara berulang agar jahitan semakin kokoh.

Setelah kedua kain menyatu dan lipatan juga terjahit dengan rapi, selanjutnya tambahkan tali atau karet di kiri dan kanan kain tersebut. Untuk panjang talinya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan demikian masker kain lipat kini sudah jadi dan bisa anda gunakan. 

 


Sumber :

https://www.greenpeace.org/usa/toolkits/how-to-add-a-message-to-your-face-mask/

https://www.healthline.com/health/coronavirus-mask

https://www.greenpeace.org/usa/toolkits/how-to-add-a-message-to-your-face-mask/#creating-your-own-mask
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda