Menjaga Kesehatan dengan Hand Sanitizer Buatan Sendiri
Information
03 Dec 2020
Share

Sudah lebih dari 6 bulan Indonesia dan dunia menghadapi wabah virus yang mampu menyebar melalui droplet. Virus Corona yang menghampiri setiap negara di dunia ini, membuat banyak orang akhirnya harus bersabar di rumah, melakukan karantina mandiri, dan selalu berusaha menjaga kebersihan tubuhnya.

Kini perlahan Indonesia mulai bangkit meski kasus positif di Indonesia semakin meningkat. Pemerintah juga mengizinkan masyarakatnya berkegiatan di luar rumah, namun dengan beberapa persyaratan dan catatan tertentu. Misalnya selalu menggunakan masker ketika berkegiatan di rumah, dan selalu mencuci tangan setelah menyentuh barang atau benda-benda yang kemungkinan besar disentuh oleh banyak orang.

Namun tak mungkin juga kita mengandalkan selalu tempat cuci tangan, karena tak semua lokasi yang berpotensi menimbulkan keramaian memiliki tempat cuci tangan. Lantas bagaimana solusi terbaiknya? Anda bisa mengganti sabun cuci tangan menggunakan tisu basah beralkohol atau hand sanitizer. 

Satu hal yang menjadi pertanyaan, apa itu hand sanitizer? Hand sanitizer merupakan suatu cairan atau gel yang digunakan untuk mengurangi patogen atau mikroorganisme parasit pada tangan. Hand sanitizer beralkohol jauh lebih disukai masyarakat karena dianggap simple dalam membawanya dan memberikan sensasi dingin ketika menyentuh kulit.

Meski saat ini harga hand sanitizer terbilang memiliki harga yang cukup fantastis, namun siapa sangka bahwa Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Hand sanitizer spray menjadi solusi yang tepat.

Lantas bagaimana cara membuat hand sanitizer spray? Ini dia langkah sederhana yang bisa Anda terapkan di rumah. Cara ini merupakan langkah yang disarankan oleh WHO dalam pembuatan hand sanitizer.

  • Sebelum masuk ke proses pembuatan, pastikan Anda telah menyediakan seluruh bahan yang diperlukan. Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah alkohol dengan kadar minimal 60%. Anda bisa membelinya di apotik. Biasanya apotek akan menyediakan alkohol dengan kadar 70%. Semakin tinggi kadar alkoholnya, maka tingkat efektivitas dalam pelenyapan kuman di tangan akan lebih baik. Hal berikutnya yang harus Anda sediakan adalah botol atau wadah yang telah disterilisasi sebelumnya. Pastikan tidak ada bakteri yang masih tersisa agar proses pembuatan alkohol dapat berjalan dengan baik. 
  • Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan 1⅔ cangkir 99% isopropil alkohol, 2 sendok teh gliserol atau gliserin, 1 sendok makan hidrogen peroksida, ¼ cangkir air distilasi, dan botol spray.
  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan alkohol dengan gliserol. Penggunaan gliserol mampu menghaluskan kulit dari alkohol yang mampu membuat kulit kering.
  • Tambahkan hidrogen peroksida dan air distilasi pada campuran bahan sebelumnya. Jika Anda menggunakan alkohol dengan kadar yang lebih rendah dari 99%, Anda bisa mengurangi penggunaan air distilasi. Penggunaan hidrogen peroksida pun akan membantu anda dalam membunuh bakteri yang masih tersisa di alat-alat yang Anda gunakan. 
  • Setelah mengaduknya hingga merata, Anda bisa meningkatnya ke botol spray yang telah disterilisasi sebelumnya.

Bagaimana, mudah bukan? Meski harus menunggu cukup lama, namun hal yang telah kita lakukan tentunya sebanding dengan usaha kita dalam menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh di masa pandemi. Sebelum Anda menggunakannya, pastikan untuk bersabar dan menunggunya selama 72 jam agar hand sanitizer dapat bekerja dengan baik. Jangan lupa untuk terus membawanya ketika harus melakukan berbagai kegiatan di luar rumah. Jangan lupa juga untuk mematuhi aturan protokol kesehatan yang telah dibuat. Semoga informasinya bermanfaat.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda