Mengenali Kandungan Hand Sanitizer yang Ampuh Bunuh Virus
Information
03 Dec 2020
Share

Dalam mencegah penularan korona tentunya Anda wajib melakukan berbagai protokol kesehatan seperti jaga jarak, memakai masker di tempat umum, mencuci tangan dengan baik dan menjaga imunitas tubuh. Ada satu lagi cara terbaik dalam menjaga diri dari serangan virus mematikan tersebut yaitu mengoleskan tangan Anda dengan sebuah gel anti kuman bernama hand sanitizer silver ion. 


Apakah Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir Efektif Bunuh Virus?
Ya, memang benar. Mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik menggunakan air mengalir akan mematikan virus. Sabun yang baik untuk mematikan virus adalah yang mengandung anti bakteri, anti kuman, silver ion dan alkohol. Semua produk sabun mandi telah dibuat oleh ahli kesehatan dengan komponen yang begitu lengkap sehingga bisa menjamin kematian dari kuman atau bakteri yang menempel. Setiap buih busa dari sabun mengandung banyak komponen anti kuman sehingga ketika kotoran menempel di kulit akan terlepas dengan mudah asalkan Anda tahu cara memakai sabunnya. 

Untuk sabun mandi yang dipakai di tubuh, minimal pengolesan sekitar 20 menitan agar kulit mendapatkan obat pembunuh ampuh. Rasakan perbedaannya ketika Anda belum mandi dengan sabun dan setelah memakai sabun, pasti kulit menjadi lebih kesat dirasakan. 


Lanjutkan dengan Hand Sanitizer, Ampuh Maksimal
Memakai hand sanitizer dengan kandungan silver ion spray akan lebih maksimal dalam membunuh virus korona karena partikel ion silvernya memecah dinding sel dan merusak sistem DNA atau inti sel dari virus korona. Namun, hand sanitizer yang biasa dijual bebas masih sedikit berpotensi dalam menjinakkan virus tetapi telah mampu membunuh kuman atau bakteri yang menempel. 

Ada lagi komponen hand sanitizer yang ampuh dalam membunuh virus dengan memecah dinding kapsulnya atau disebut dengan kapsid bernama senyawa alkohol. Senyawa alkohol yang lebih spesifik dalam membunuh virus yaitu etil alkohol dan isopropil alkohol. Keduanya wajib memiliki kadar hingga 80% atau dalam kecenderungan kadar alkohol tinggi. 


Jenis Hand Sanitizer Apa yang Belum Ampuh Bunuh Virus?
Ada produk hand sanitizer yang belum maksimal dalam membunuh virus karena kandungan alkoholnya yang sangat minim sekali dan digantikan dengan kandungan senyawa lain bernama benzalkonium klorida. Senyawa murni alkohol yang menempel pada tangan akan menjadikan kulit kering dan pecah-pecah, mungkin kurang disukai buat mereka yang memiliki jenis kulit sensitif. Maka,seringkali digantikan dengan senyawa benzalkonium klorida yang memiliki sifat lebih lembut daripada alkohol. Senyawa tersebut masih bisa untuk melembabkan kulit tetapi tidak bisa membunuh virus secara maksimal. Bakteri tertentu saja yang bisa dijinakkan oleh hand sanitizer kandungan benzalkonium klorida 


Cara Lain Mencegah Penularan Korona
Virus korona menjangkit orang dengan imunitas tubuh lemah dan telah memiliki riwayat penyakit dalam seperti ginjal, paru-paru, jantung atau sejenisnya. Tetapi, bisa ditangkal dengan menaikkan sistem imunitas dan jaga jarak selalu. Ketika virus dikatakan menular lewat percikan udara berjarak minimal 1,5 meter maka sebaiknya hindari.

Ada cara lain untuk menangkal terpapar virus yaitu mencuci tangan rutin setiap akan memegang makanan atau wajah,  mensterilkan rumah dengan alat filter udara berkualitas dan memakai masker ketika di luar rumah. 

Itulah sekilas tentang pemilihan hand sanitizer yang bagus dalam membunuh dan belum ampuh membunuh virus korona. Perhatikan selalu komponen senyawa dalam hand sanitizer terutama kandungan alkoholnya. Semakin tinggi alkoholnya semakin bagus bunuh virus. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda