Mengenal Masker Medis
Information
09 Jun 2020
Share

Masker yang kita kenal saat ini terdiri dari masker medis dan masker non medis. Masker non medis merupakan masker yang sering kita pakai sehari-hari saat ini yaitu masker kain. Masker kain yang sering kita gunakan merupakan masker yang dianjurkan oleh pemerintah untuk dipakai untuk masyarakat sipil sedangkan masker medis adalah masker yang khusus untuk tindakan medis.


Bagi beberapa orang memang masker medis ini masih banyak yang belum tahu atau kurang memahami, oleh karena itu, di sini akan dibahas mengenai beberapa hal tentang masker medis itu sendiri. Berikut penjelasannya secara lengkap : 


Mengenal Tentang Masker Medis

masker medis adalah masker yang dibuat khusus untuk digunakan para tenaga medis yang melakukan tindakan medis itu sendiri. Tenaga medis memiliki risiko yang sangat besar dalam pekerjaannya yang mana langsung berhadapan dengan pasien sehingga mungkin saja bisa tertular berbagai penyakit dari mereka padahal mulut dan hidung merupakan salah satu organ yang memiliki kelenjar mukosa yang menjadi salah satu pintu masuk yang sangat lebar bagi bakteri dan virus dalam menyerang tubuh manusia. 


Jadi, penggunaan masker medis memang sangat penting untuk para tenaga medis. Oleh karena itu pada era pandemi seperti saat ini, kita harus ikut memberikan kesempatan bagi mereka dalam menjaga kesehatan mereka sendiri, Tanpa adanya tenaga medis masyarakat pasti akan bingung.


Pengguna Masker Medis yang Seharusnya

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa masker medis sebenarnya ditujukan untuk para tenaga medis yang berhadapan langsung dengan berbagai jenis penyakit. Namun, pada era pandemi covid-19 ini membuat masker medis juga harus digunakan para penderitanya untuk mencegah penularan.


Macam Masker Kesehatan yang Sering Digunakan

Masker kesehatan yang sering digunakan akhir-akhir ini adalah masker bedah dan juga masker N95. Kedua jenis masker ini digunakan sesuai dengan tingkat risiko tempat kerja mereka.


Standar Masker Medis 

Standar masker medis adalah masker bedah yang memiliki 3 lapisan untuk para tenaga medis yang berada di tempat kerja dengan risiko ringan, sedangkan masker N95 digunakan tenaga medis yang bekerja di tempat resiko sedang dan berat. 


Kesimpulan dan Penutup

Jadi, bisa disimpulkan bahwa masker medis adalah salah satu jenis masker  yang dibuat dengan menggunakan teknologi dan bahan yang khusus untuk menangkal berbagai partikel yang membahayakan kesehatan yang penggunaannya dikhususkan kepada para tenaga medis. Masker ini digunakan oleh tenaga medis dan orang yang sakit, masker medis yang sering digunakan adalah masker bedah dan masker N95, serta standarnya harus sesuai dengan standar nasional maupun standar internasional sehingga fungsi masker medis bisa lebih optimal dalam melindungi kesehatan yang memakainya.

 

Source: 

http://farmalkes.kemkes.go.id/2020/04/standar-alat-pelindung-diri-apd-dalam-manajemen-penanganan-covid-19/
http://www.inaheart.org/news_and_events/news/2020/3/26/apd_level_1_2_dan_3 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda