Mengenal Lebih Dekat Dengan Air Purifier
Information
20 Nov 2020
Share

Anda merasakan kualitas udara di dalam rumah yang buruk? Jika iya, maka ada satu solusi yang bisa anda lakukan untuk membersihkan udara, yaitu dengan menggunakan air purifier. Nah, apa itu air purifier? Yuk simak ulasannya di bawah ini.


Mengenal Air Purifier
Nah, sama seperti namanya bahwa air purifier adalah suatu perangkat yang dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan atau digunakan untuk membantu menghilangkan polutan yang ada di udara. Memang perangkat semacam ini diklaim bisa menghasilkan udara yang segar. Ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, air purifier disebut sebagai pemurni udara. Manfaat air purifier salah satunya adalah dapat membantu para penderita asma dan alergi. Kok bisa sih? Hal ini dikarenakan air purifier yang memiliki teknologi tertentu memang dapat digunakan dalam menangkap partikel-partikel alergen. Selain itu, alat ini juga digunakan dalam menghilangkan bekas asap rokok. Sehingga pembersih udara ini sangat dibutuhkan ketika ada perokok di dalam rumah. 
Di dalam alat ini memiliki filter HEPA yang dapat membersihkan serta memurnikan udara yang beredar. Singkatan dari HEPA adalah High-Efficiency Particulate Air. Singkatnya filter ini adalah jenis saringan udara yang dapat memurnikan udara dengan cara menjebak partikel kecil yang merugikan yang dapat bersirkulasi di udara. Partikel-partikel yang dapat dihilangkan oleh filter HEPA ini termasuk serbuk sari, spora, bulu hewan peliharaan, tungau debu, hingga jamur. Terdapat juga model yang dibekali dengan plasmacluster, yang diklaim dapat menangkap virus dan bakteri, dengan begitu bisa membuat udara semakin sehat. 
Ada juga beberapa tipe yang dapat digunakan juga dalam menangkap debu di dalam ruangan. Debu akan disedot dan akan terjebak ke dalam perangkat. Bahkan air purifier jenis terbaru tidak hanya bekerja sebagai pembersih udara saja, namun sudah ada yang digunakan dalam menangkap nyamuk. Air purifier jenis ini biasanya sudah dibekali sinar UV yang dapat menarik perhatian nyamuk. Nah, di bagian dalamnya sudah tersedia dengan kertas yang memiliki perekat, sehingga nyamuk yang tertarik akan langsung menempel di kertas tersebut.


Cara Kerja Air Purifier
Biasanya alat penyegar udara ini terdiri oleh sebuah kipas dan filter yang dapat menyedot serta menyebarkan kembali udara. Ketika udara melewati filter yang terdapat pada air purifier ini, maka partikel dan polutan akan ditangkap, udara bersih nantinya akan dihembuskan kembali ke dalam ruangan. Filter ini biasanya terbuat dari fiber (biasanya fiberglass) dan kertas. Filter ini yang akan berguna dalam menangkap partikel-partikel dan polutan berbahaya di udara. Supaya air purifier bisa bekerja secara efisien, maka anda diharuskan agar dapat mengganti secara rutin filter tersebut. 
Hal ini berarti tidak hanya unit air purifier saja, anda juga harus memikirkan biaya tambahan yang lain, seperti biaya dalam penggantian filternya. Nah yang menjadi pertanyaannya adalah seberapa sering filter ini harus diganti? Durasi penggantian filter biasanya cukup bervariasi sesuai jenisnya. Beberapa jenis filter dapat terus digunakan asal anda selalu rajin membersihkannya. Tentunya air purifier ini sangat cocok digunakan dalam memberikan udara yang sehat dan bersih. Sehingga untuk anda yang memiliki keluarga yang alergi terhadap debu, maka sangat disarankan agar anda bisa memiliki ini di dalam ruangan rumah. 
Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai apa itu air purifier.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda