Mengenal Lebih dekat Apa Itu Masker Kesehatan
Information
08 Jun 2020
Share

Pada saat ini kita sedang mengalami pandemi yang disebabkan oleh penyebaran virus corona yang sangat cepat dan mudah menyerang manusia hanya dari percikan air liur atau lendir hidung. Bagu tenaga medis yang berhadapan langsung dengan pasien apalagi jika risiko tinggi terkena penularan virus corona maka harus dan wajib menggunakan masker. Masker mereka pun juga berbeda yaitu masker kesehatan. Masker kesehatan adalah masker yang sebaiknya tidak digunakan oleh masyarakat kecuali sedang merasa tidak enak badan.


Masker kesehatan dan masker biasa memang sangat berbeda. Masyarakat dianjurkan menggunakan masker non kesehatan berupa masker kain misalnya menggunakan kain berbahan dasar katun yang bisa melindungi diri 70% dari penularan virus. Agar Anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai masker kesehatan maka simak beberapa pernyataan berikut :

Pengertian Masker Kesehatan ?

Masker kesehatan adalah masker yang sebenarnya dikhususkan untuk para tenaga medis yang bekerja di bidang kesehatan. Masker ini bisa melindungi dari berbagai partikel kecil yang berbahaya seperti virus atau pun bakteri. Masker ini biasanya dalam bentuk masker bedah atau masker N95.

 
Masker N95 adalah masker yang memiliki fungsi lebih baik dari masker bedah karena pori-pori masker ini lebih kecil sehingga lebih bisa menangkal masuknya virus dan juga bakteri. Masker ini juga hanya direkomendasikan untuk tempat yang memiliki risiko penularan yang tinggi seperti di rumah sakit rujukan khusus COVID-19 dan yang harus menggunakan APD level 3.


Siapa yang Harus Menggunakan Masker Kesehatan ?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, masker kesehatan sebaiknya digunakan oleh para tenaga kesehatan. Seperti yang telah kita rasakan sebelumnya bahwa sempat terjadi kelangkaan masker kesehatan karena masyarakat berbondong-bondong membeli masker bedah dan banyak tenaga medis yang tidak bisa menggunakan masker bedah  padahal mereka berhadapan langsung dengan bahaya.


Pada Saat Kondisi Seperti apa Masyarakat Boleh Menggunakan Masker Kesehatan ?

Walaupun masyarakat dianjurkan untuk menggunakan masker kain, namun dalam keadaan tertentu masyarakat juga harus menggunakan masker kesehatan. Namun pada kondisi yang seperti apa ? Yaitu pada kondisi sakit baik tidak atau sebelum positif covid-19 maupun saat positif covid-19. Hal ini dikarenakan masker kain kurang efektif mencegah virus keluar dari masker.


Kesimpulan

Jadi, masker kesehatan adalah masker yang ditujukan digunakan oleh para tenaga medis. Untuk  masyarakat sebaiknya menggunakan masker dari kain yang bisa menghambat penularan hingga 70%. Masyarakat boleh menggunakan masker medis asal pada keadaan mereka yang sedang sakit sehingga mencegah penularan percikan air liur atau lendir hidung yang kurang dapat diatasi hanya dengan menggunakan masker kain. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan kita semua.

 

 

Source: 

https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/anjuran-mengenai-penggunaan-masker-dalam-konteks-covid-19.pdf
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda