Mengenal HEPA Filter, Senjata Ampuh Air Purifier
Information
25 Nov 2020
Share

Air purifier semakin populer digunakan untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Banyak alat pembersih udara menggunakan teknologi HEPA filter yang dikatakan sangat efektif dalam membersihkan polutan. Apa itu HEPA dan bagaimana cara kerjanya?


Pengertian HEPA Filter
Alat pembersih udara atau air purifier merupakan sebuah mesin yang dapat menyaring kotoran dan zat berbahaya di udara. Udara yang dikeluarkan bersih dan segar sehingga kesehatan sistem pernapasan bisa terjaga dengan baik.

Untuk membersihkan udara dari polutan, alat pembersih udara menggunakan sistem filtrasi. Ada berbagai macam sistem filtrasi yang digunakan. Sistem yang paling populer bernama HEPA (High Efficiency Particulate Air) filter.

HEPA filter lebih sering digunakan dalam skala besar untuk mengkondisikan udara di ruang steril. Namun sekarang teknologi ini juga banyak diaplikasikan untuk alat penjernih udara di dalam ruangan.

Keunggulan HEPA filter adalah bahan dasarnya dari jaringan serat fiberglass yang efektif membersihkan polutan. Alat filter udara ruangan ini mampu menyaring hingga 99,97% dari seluruh partikel polutan berukuran di atas 0,3 mikron di udara.

Mikron adalah satuan yang digunakan untuk mengukur partikel sangat kecil. 1 mikron sama dengan sepersejuta meter. Sebagai contoh, ukuran bakteri ada dalam kisaran 0,3 sampai 60 mikron. Sedangkan partikel emisi kendaraan bermotor berukuran antara 1 sampai 150 mikron.

Untuk memenuhi standar HEPA, filter harus lolos uji klinis. Di Amerika, HEPA filter mendapatkan sertifikasi dari laboratorium Institute of Environmental Sciences and Technology setelah terbukti benar-benar efektif membersihkan polutan.


Cara Kerja HEPA Filter
Seperti yang sudah disebutkan, HEPA filter dibentuk dari susunan jaringan serat fiberglass yang kompleks. Sistem ini dapat menangkap kontaminan dengan berbagai cara, tergantung ukuran partikel.

Partikel polutan dengan ukuran lebih besar, seperti rambut dan bulu hewan, disaring menggunakan sistem inersia dan pengayaan. Partikel tersebut bertabrakan dengan susunan serat dan terperangkap di situ.

Sedangkan partikel berukuran sedang ditangkap oleh serat fiberglass pada HEPA filter melalui sistem yang disebut intersepsi. Terakhir, partikel berukuran sangat kecil seperti bakteri dihamburkan saat melewati filter. Partikel sangat kecil tersebut akan menabrak serat dan tertangkap di situ.


Kapan HEPA Filter Harus Diganti?
Kebanyakan HEPA filter hanya bisa dipakai sekali saja. Lama-kelamaan, HEPA filter udara untuk ruangan akan kotor dan rusak sehingga harus diganti secara berkala. Dengan begitu, alat pembersih udara Anda bisa tetap bekerja secara efektif.

HEPA filter untuk purifier di dalam rumah sebaiknya diganti dua sampai tiga tahun sekali. Akan tetapi, sering purifier digunakan, Anda juga harus semakin sering mengganti filter. Jika udara sekitar kotor karena sering terekspos kontaminan, filter juga semakin cepat diganti. 

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa keadaan filter setiap enam bulan sekali untuk melihat apakah filter masih dalam kondisi baik. Jika filter sudah rusak atau mengeluarkan bau busuk saat purifier dinyalakan, itu tanda bahwa Anda harus segera mengganti filter.

Terakhir, beberapa jenis HEPA filter memiliki pre-filter yang khusus untuk menangkap kontaminan berukuran besar. Pre-filter harus diperiksa atau diganti setiap tiga sampai empat bulan sekali.

Untuk pemeriksaan dan penggantian filter, Anda bisa membaca di buku petunjuk penggunaan alat atau menghubungi distributor purifier untuk berkonsultasi. Yang jelas, HEPA filter pada air purifier Anda perlu dirawat secara berkala supaya kinerjanya tetap optimal.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda