Mengenal Cara Penggunaan Masker N95
Product Tips
08 Jun 2020
Share

Bagaimana cara penggunaan masker n95 yang tepat dan benar? Pada dasarnya penggunaan masker n95 tidaklah jauh berbeda dengan penggunaan masker lain pada umumnya. Namun berkaitan dengan keberadaannya yang sedikit berbeda, baik dari segi bentuk, fungsi serta manfaat yang diberikannya, maka cara penggunaannya cukup berbeda pula. Hal ini berkaitan dengan beragam aturan khusus yang dimilikinya. Ingin tahu apa saja dan bagaimana cara penggunaannya? Berikut penjelasannya : 


Fungsi masker n95
 
Dalam penyebutannya, jenis masker yang satu ini kerap kali disebut sebagai masker respirator. Mengapa demikian? Pasalnya masker ini dapat menyaring polutan serta beragam partikel halus dan berbahaya yang ada di udara seperti halnya debu. Sesuai dengan namanya, masker ini dapat mencegah hingga 95% dari partikel uji yang memiliki ukuran sangat kecil. Selain itu, jika digunakan dengan tepat, maka penggunaannya pun dapat melindungi Anda melebihi kemampuan yang dimiliki oleh jenis masker lainnya. 


Mereka yang disarankan menggunakan masker n95 

Jika Anda tinggal di lingkungan yang bersih dengan udara sejuk tentu tidak terlalu penting bagi Anda untuk menggunakan jenis masker yang satu ini. Pasalnya penggunaan masker n95 lebih ditujukan bagi mereka yang tinggal di kawasan yang penuh dengan polusi udara atau bahkan kabut asap. Seperti halnya para pekerja industri, pekerja lapangan hingga mereka yang bekerja di lingkungan hutan yang terbakar. 


Tidak hanya itu, jenis masker ini juga sangat disarankan untuk digunakan oleh Anda yang tengah terserang masalah kesehatan influenza. Pasalnya gangguan pernapasan yang satu ini sangat rentan terkena debu, sehingga dapat melindungi Anda dan menjadikan masalah kesehatan teratasi dengan lebih baik. 


Cara gunakan masker n95 dengan baik dan benar 

Cara penggunaan masker ini memang terlihat mudah seperti halnya pada cara penggunaan masker n99 dan beragam jenis masker lain. Namun jika Anda ingin menggunakannya dengan baik dan benar, maka perhatikanlah beberapa hal di bagian bawah ini : 

  • Memastikan ukuran masker cocok dengan ukuran wajah artinya tidak kebesaran atau bahkan kekecilan 
  • Cuci tangan sebelum menggunakan masker, pastikan pula untuk menggunakan sabun dan dilakukan pada air mengalir 
  • Jika masker tersebut menggunakan tali karet, maka Anda tinggal mengaitkannya di bagian belakang telinga 
  • Jika masker menggunakan tali maka posisikan bagian besi di atas hidung. Kemudian tarik tali ke bagian belakang dan rapikan. 
  • Bagian paling akhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memastikan bahwa pada saat digunakan tidak ada celah sedikitpun yang dapat mengganggu kenyamanan serta fungsi yang dimilikinya. 

Setelah beberapa langkah di bagian atas tadi, tempelkan kedua tangan Anda di bagian atas masker. Setelah itu tariklah nafas dengan dalam, jika masker tersebut menempel ke bagian wajah, maka Anda telah menghirup udara yang terperangkap di bagian dalam masker dan masker pun dapat digunakan dengan benar.


Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait fungsi serta cara penggunaan masker n95 dengan tepat.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda