Memilih Masker Polusi Terbaik untuk Menjaga Kesehatan
Information
08 Jun 2020
Share

Perkembangan teknologi yang semakin modern bukan hanya memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia, tapi juga efek negatif yang bahkan bisa membahayakan kesehatan. Salah satu contoh nyatanya adalah lingkungan yang tercemar akibat polusi, terutama polusi yang terdapat di udara. Karena itu, untuk melindungi kesehatan tubuh, terutama saluran pernapasan, memilih masker polusi terbaik yang fungsional telah menjadi sebuah kebutuhan penting.


Di samping itu, pandemi COVID-19 juga menjadi sebuah alasan baru di balik urgensi penggunaan masker, termasuk masker polusi. Hanya saja, karena karakteristik virus yang berbeda dari partikel polusi di udara, Anda perlu memerhatikan pula jenis masker yang Anda pilih dan gunakan. Di samping itu, WHO melalui pernyataan medianya berulang kali menegaskan bahwa penggunaan masker menjadi efektif dalam mencegah penularan COVID-19 hanya jika dibarengi dengan kebiasaan mencuci tangan dengan rajin, terutama dengan sabun dan air bersih.


Tentang Polusi Udara

Polusi udara merupakan zat sisa sebagai hasil dari sebuah aktivitas yang kemudian dilepaskan ke udara. Penyebabnya sendiri beragam, meliputi partikel cair, padat, maupun gas-gas tertentu yang menggantung atau tersuspensi di udara, atau yang disebut juga sebagai aerosol. Di Indonesia maupun di negara-negara lain, polusi udara dapat berasal dari limbah pabrik, kebakaran hutan, asap kendaraan, debu, letusan gunung berapi, dan sebagainya.


Apabila polusi udara tidak ditangani atau diantisipasi, dampaknya akan sangat mengkhawatirkan, terutama terhadap kesehatan sistem pernapasan Anda. Di samping itu, kualitas hidup Anda pun akan menurun. Beberapa masalah kesehatan yang timbul karena polusi udara meliputi:

  • Gangguan sistem pernapasan.
  • Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).
  • Menambah beban kerja paru-paru.
  • Merusak sel-sel sistem pernapasan.
  • Penuaan paru-paru lebih dini.
  • Meningkatkan risiko kanker.
  • Memicu penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut).

Jenis-Jenis Masker Polusi

Polusi udara sendiri merupakan sebuah masalah kesehatan yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah risiko masalah kesehatan adalah dengan menggunakan masker polusi terbaik. Di pasaran sendiri, Anda bisa temukan beberapa jenis masker yang umum dimanfaatkan sebagai masker polusi. Apa saja?

1.    Masker polusi biasa.
Masker polusi dengan standar biasa atau sering dikenal sebagai masker sederhana ini hanya memiliki tingkat efektivitas sekitar 40% untuk menyaring polutan. Karena itu, penggunaannya ideal hanya jika Anda menggunakannya di area yang tingkat pencemarannya belum terlalu parah. Masker polusi biasa ini tidak bisa dicuci alias masker sekali pakai, dan bisa digunakan selama 8 jam sehari jika tidak lembap, basah, robek, atau rusak ketika Anda kenakan. Apabila dicuci, serat kainnya akan melebar sehingga polutan akan makin mudah terhirup saat Anda bernapas, yang berarti efektivitasnya telah menurun.

2.    Masker bedah (surgical mask).
Sebelum pandemi COVID-19, masker bedah sangat mudah ditemukan dengan harga yang sangat ekonomis. Sekarang, masker bedah telah cukup langka di pasaran, dan biasanya dijual dengan harga yang sangat tinggi. Bahkan, tenaga medis yang seharusnya menggunakan masker bedah untuk melakukan pekerjaannya pun kesulitan menemukannya.

Sebenarnya, masker bedah bukanlah jens masker polusi. Sebab, lapisan penyaringnya didesain hanya untuk mencegah persebaran virus atau bakteri, dan bukan untuk menyaring polusi. Karena itu, masker bedah juga sering digunakan oleh orang sakit, seperti flu dan batuk, agar cairan seperti liur atau dahak tidak menyebar ke orang lain. Masker bedah hanya bisa digunakan satu kali.

3.    Masker N95.
Secara umum, masker respirator merupakan jenis masker polusi terbaik yang ad di pasaran saat ini. Dan masker N95 adalah salah satu jenisnya. Lantas, masker N95 untuk apa?

Dengan jenis masker N95, Anda bisa menggunakannya untuk menyaring partikel di udara – termasuk polutan – dengan tingkat efektivitas yang mencapai 95%. Hal ini dikarenakan lapisan penyaringnya yang sangat kecil dan rapat, sehingga mampu menyaring partikel dengan ukuran yang lebih kecil dari 2,5 PM atau micrometer ini. Jadi, mulai dari partikel debu, bakteri, bahkan virus, semuanya bisa dihalangi agar tidak masuk ke dalam sistem pernapasan Anda ketika Anda menghela napas.

Penggunaan masker N95 terbaik sangat ideal dan efektif apabila Anda tinggal di kawasan yang sangat berpolusi, seperti di kota besar atau kawasan industri. Di samping itu, kegunaan masker N95 juga meliputi penggunaan di laboratorium, rumah sakit, hingga kamar mayat sekalipun. Penggunaan masker N95 adalah sebagai masker N95 sekali pakai, alias harus segera dibuang setelah satu hari.

Sayangnya, masker N95 saat ini juga telah cukup langka di pasaran karena adanya pandemi COVID-19 saat ini. Selain kesulitan mencari informasi soal masker N95 beli dimana, masyarakat pun kesulitan saat harus menemukan masker N95 murah. Meski begitu, perkembangan kondisi saat ini di mana makin banyak produsen masker dan penambahan volume produksi masker, termasuk masker N95, berarti bahwa masyarakat akan bisa menemukan jenis masker polusi yang satu ini dengan lebih mudah.

4.    Masker N99 dan N100.
Selain masker N95, saat ini telah muncul jenis masker respirator baru, yaitu masker N99 dan N100. Lantas, apa perbedaannya dengan masker N95 Bali? Seperti yang barangkali sudah Anda duga, angka pada masker menunjukkan persentase efektivitas penyaringan yang dimiliki masker. Artinya, masker N99 bisa menyaring sampai dengan 99% partikel di udara, sementara masker N100 dapat menghalau hingga 99,97%.

Tingkat efektivitas kedua jenis masker ini dibandingkan masker N95 Surabaya dikarenakan ukuran seratnya yang makin rapat. Dengan demikian, partikel yang ukurannya jauh lebih kecil lagi pun bisa dicegah agar tidak terhirup dan masuk ke dalam sistem pernapasan Anda. Berdasarkan klaim, masker N99 bahkan bisa menyaring partikel berukuran 0,3 mikrometer saja!


Memilih Masker Polusi Terbaik

Pentingnya masker demi menjaga kesehatan sistem pernapasan dan tubuh Anda berarti Anda perlu menggunakan masker polusi terbaik yang berkualitas. Dalam memilih masker berkualitas, Anda bisa ikuti tips-tips berikut ini:


1.    Ketahui jenis polutan.

Asap dari kendaraan, pembakaran sampah, atau aktivitas industri merupakan beberapa penyebab utama polusi udara. Karenanya, masker polusi yang Anda gunakan idealnya harus mampu menyaring partikel-partikel polusi yang ukurannya kecil sekalipun (10 PM dan 2,5 PM), hingga zat-zat berbahaya seperti SO2, CO2, O3, dan NO2.


2.    Kenali jenis maskernya.

Mencari masker polusi yang tepat bisa jadi cukup membingungkan karena ada beberapa jenis yang umum di pasaran, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Karena itu, ketahui dan kenali baik-baik jenis masker yang ada, baik itu masker N95 di Bali, masker N99, atau masker bedah agar Anda bisa menentukan apa masker yang pas untuk Anda.


3.    Pastikan ukurannya pas.

Penggunaan masker yang benar akan menjamin efektivitasnya. Karena itu, meskipun Anda menggunakan masker N99 atau N100 sekalipun, tapi keliru memasangnya, tentu masker tidak bisa berfungsi maksimal. Apalagi, masker N95 memang harus terpasang pas di wajah agar tidak ada celah yang bisa menjadi jalan masuk polutan.


4.    Fungsi, bukan gaya.
Selalu gunakan masker karena fungsinya, bukan karena penampilannya.


5.    Perhatikan penggunaannya.

Masker N95 dan masker bedah adalah masker sekali pakai dan tidak bisa dicuci. Sementara itu, masker N99 sudah hadir dengan jenis yang dapat dicuci dan dipakai ulang. Pilihlah masker yang dapat dicuci agar Anda bisa menggunakannya berkali-kali, dan jangan pernah mencuci atau memakai ulang masker sekali pakai. Selain itu, semua masker yang sudah rusak atau robek harus segera dibuang, apapun jenisnya.


Itulah rangkuman panduan singkat mengenai masker polusi terbaik untuk Anda gunakan sebagai referensi saat memilih masker bagi diri sendiri maupun keluarga. Semoga informasinya bermanfaat!

 

 

Source: 

https://www.who.int/indonesia/news/detail/06-03-2020-media-statement-the-role-and-need-of-masks-during-covid-19-outbreak

https://www.medanta.org/patient-education-blog/how-to-choose-the-right-anti-pollution-mask-for-yourself/

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda