Membuat Hand Sanitizer Spray dari Bahan Lingkungan Sekitar
Information
20 Nov 2020
Share

Kebutuhan akan hand sanitizer kini kian meningkat karena penyebaran virus korona masih belum usai. Hand sanitizer yang beredar di pasaran mengalami kelangkaan dan kenaikan harga yang cukup signifikan. Hal ini membuat para peneliti kesehatan mencoba memberikan solusi atas kelangkaan yang terjadi dengan membuat disinfektan spray
dengan alat dan bahan sekitar yang mudah ditemukan. Jangan lupa juga setelah membuat hand sanitizer ini Anda wajib mencuci tangan sebelum menyentuh area wajah. Perbaiki juga sistem imunitas tubuh Anda dengan memakan sayuran dan buah setiap harinya.   
Yuk, intip cara membuat antiseptic hand sanitizer ala rumahan. 

1. Memakai Cuka Putih

Larutan cuka putih seringkali dipakai dalam bahan pembersih kotoran kamar mandi atau penetralisir bau. Cuka mengandung asam tinggi yang mampu menjinakkan kuman, bakteri serta virus yang menempel pada benda. Tingkat keasaman cuka mencapai ph 2, semakin asam maka semakin bagus dalam membinasakan kuman. Larutan cuka lebih aman dipakai dalam kurun waktu yang lama karena terbuat dari bahan alami. 

2. Memakai Lidah Buaya

Lendir yang terdapat pada tanaman lidah buaya ternyata mampu menjinakkan kuman atau bakteri. Gel lidah buaya ini selain berguna untuk membunuh kuman juga menyembuhkan luka bakar karena tersiram air panas. 

3. Colloidal Silver

Untuk mendapatkan bahan colloidal silver ini, Anda bisa membelinya di toko kimia atau toko obat yang besar. Biasanya petugas jaga akan menanyakan perihal kebutuhan bahan ini untuk tujuan apa, dan memakai surat keterangan resmi dari lembaga yang mengizinkan bahan kimia untuk diperjualbelikan. Kandungan antiseptiknya yang tinggi untuk luka bisa dipakai dalam penangkal bakteri yang menempel di permukaan. Ion silvernya juga diteliti lanjuta sebagai pembunuh DNA virus hingga tidak bisa berkembang biak kembali. Membuat larutan dari bahan ini akan lebih efektif dalam mengatasi kelangkaan hand sanitizer. 

4.    Alkohol Tinggi 

Kadar kandungan alkohol 95% bisa dipakai dalam antiseptik membunuh kuman, maka dari itu sediakan larutan ini di rumah Anda. Untuk mendapatkan alkohol kadar tinggi bisa di toko online, atau toko bahan kimia. Daya jinak kuman, virus dengan memakai alkohol ini mencapai 90%.

5.    Minyak Atsiri

Minyak atsiri bisa diperoleh dari minyak kayu putih, serai, tanaman jeruk, mengandung antibakteri dan antimikroba di dalamnya. 
Melihat kelengkapan bahan di atas langsung saja kita buat hand sanitizer rumahan. Ambil lidah buaya ukuran besar, peras airnya dan saring hingga 120 ml (setengah gelas). Kemudian ambilah larutan cuka putih sebanyak 120 ml. Siapkan juga minyak atsiri sebanyak 12 tetes dan terakhir ambil 1 sendok makan colloidal silver dan larutan alkohol tinggi. Anda bisa campurkan semua bahan di atas ke dalam 1 wadah dan masukkan ke dalam botol spray. 


Dalam pemakaian hand sanitizer memang tidak mampu menghentikan penyebaran virus korona tetapi cukup ampuh dalam menjaga diri dari penempelan virus dari satu orang ke orang lainnya. Setiap orang berpotensi terjangkit korona, mungkin dia kebal tetapi menjadi pembawa virus. Sebaiknya jika tidak perlu sekali keluar rumah, tetap stay dan jaga jarak. Menjaga kondisi tubuh dan memakai masker ketika keluar rumah akan membuat Anda terhindar dari loncatan virus yang cukup mengerikan. Jaga rumah dengan alat pembersih udara ruangan agar steril dan selalu biasakan mencuci tangan sebelum masuk ke rumah dan mengganti pakaian yang telah berada di luar ruangan seharian. 
 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda