Mau Pakai Penyaring Udara? Ketahui Tips Memilih Alat Yang Satu Ini 
Information
24 Nov 2020
Share

Apakah anda punya masalah bersin-bersih ataukah masalah pernapasan? Jika demikian, bisa saja diakibatkan karena kualitas udara di ruangan anda yang buruk. Untuk itulah anda membutuhkan alat penyaring udara atau dikenal dengan air purifier. Sesuai dengan namanya, alat yang satu ini pu memang cukup menjanjikan untuk memberikan kualitas udara yang baik. 

Hal ini bukan tanpa alasan karena alat yang satu ini mempunyai kemampuan untuk membersihkan udara yang ada di dalam rumah, mampu menyingkirkan kotoran bahkan bulu binatang. Tidak heran apabila udara yang ada ruangan anda semakin meningkat. 
Sekilas tentang alat untuk menyaring udara 

Alat penyaring udara yang satu ini biasanya mempunyai filter atau saring berlapis-lapis, adanya kipas menyedot hingga sirkulasi udara. Cara kerjanya adalah ketika udara bergerak masuk ke dalam filter, polutan maupun partikel tersebut akan tertangkap dan kemudian udara yang bersih akan dihembuskan keluar. 

Adapun filter tersebut biasanya terbuat dari material fiberglass, kertas, ataupun jarring. Filter tersebut pun juga harus diganti secara berkala. Hal ini untuk menjaga agar fungsinya tetap  optimal. Bukan hanya itu saja, berapa lama penyaring atau filter tersebut digunakan biasanya akan tergantung dengan cara pemakaiannya dan tipe alat tersebut.  

Tips membeli penyaring udara 
Buat anda yang tengah mencari alat untuk menyaring udara baik penyaring udara kamar maupun ruangan di rumah anda yang lainnya, maka ada beberapa tips yang bisa anda gunakan. Hal ini agar anda bisa menemukan alat untuk menyaring udara yang sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki. 

1. Pilih jenis air purifier yang tepat 

Tips pertama yang wajib anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli alat penyaring udara adalah cobalah untuk memilih jenis air purifier yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki. Hal ini bukan tanpa alasan karena anda akan menemukan beberapa jenis air purifier  di pasaran. 

Seperti HEPA, plasmacluster, ionizer, carbon filter hingga UV light generator. Setiap jenis tersebut tentu menghadirkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terdapat juga alat menjernihkan udara yang mampu menghilangkan bau. 

2. Efisiensi energy yang dimiliki 

Berikutnya, anda wajib untuk  memperhatikan  efisiensi energy yang dimiliki. Hal ini bukan tanpa alasan karena efisiensi energy akan mempengaruhi daya yang dibutuhkan oleh alat untuk pembersih udara tersebut. 

Sangat disarankan untuk membeli alat pembersih udara yang mempunyai daya listrik 50-200 watt. Tetapi perlu anda ingat, semakin besar Watt-nya maka tagihan listrik yang akan anda keluarkan juga semakin besar. 

3. Kapasitas yang dihasilkan 

Tips dalam membeli penyaring udara yang berikutnya adalah pastikan anda memperhatikan kapasitas yang dihasilkan. Pastikan apabila air purifier yang anda pilih mampu membersihkan udara dalam ruangan yang besar.  Hal ini juga berguna agar proses pembersihan udara tersebut lebih cepat sehingga keluarga anda bisa mendapatkan kualitas udara yang bagus. 

4. Jangan lupa sesuaikan dengan budget yang anda miliki 

Terakhir, jangan sampai lupa untuk menyesuaikan air purifier yang anda pilih dengan budget yang anda miliki. Walaupun air purifier dengan fitur yang lengkap mempunyai harga yang mahal bukan berarti anda tidak bisa menemukan alat untuk menjernihkan udara yang sesuai  dengan budget yang anda miliki. 

Alat untuk menyaring udara atau dikenal dengan air purifier memang menjadi alat yang cukup penting untuk meningkatkan kualitas udara yang anda miliki. Agar bekerja secara efektif, ketahuilah tips dalam memilih penyaring udara yang tepat. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda