Masker Yang Sesuai Dengan Standard Dan Aman Dalam Mencegah Penularan Virus
Information
08 Jun 2020
Share

Partikel seperti virus dan bakteri serta debu memang biasanya disaring dengan menggunakan masker agar tidak berpindah ke orang lain. Terutama saat wabah virus Korona melanda saat ini. masker sebagai salah satu bagian dari alat pelindung diri dari virus dan bakteri. Penggunaan masker sendiri saat ini sangat dianjurkan bahkan akan dikenakan denda jika tidak digunakan saat di luar rumah.


Mengingat virus Korona yang sedang mewabah di seluruh dunia saat ini, dapat dengan cepat menularkan ke orang lain, maka anda diharapkan menggunakan masker kesehatan terbaik yang aman dan sesuai standar yang ditetapkan. Selain menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan serta mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh maka penggunaan masker sebagai alat pelindung diri sangatlah perlu. Bahkan juga saat ini telah tersedia masker bowin original yang dijual bebas.


Mari simak beberapa jenis masker yang sudah dijamin aman yang dikutip dari liputan6.com perihal akan standar aman masker yang ditetapkan oleh WHO:

- Jenis masker N95

Jenis masker ini sangat direkomendasikan dalam mencegah penularan virus seperti Korona. Masker ini memang lebih mahal harganya jika dibanding masker medis untuk tenaga medis. Namun dapat menutup mulut dan hidung secara sempurna. Hal ini ditandai dengan rasa gerah jika masker ini digunakan dalam jangka lama. Maka dari itu masker ini hanya dianjurkan bagi mereka yang berhadapan langsung dengan suspect korona, bukan untuk pemakaian sehari-hari. 

Masker ini hanya ditujukan bagi pengguna dewasa karena ukurannya yang besar dan menutupi rapat bagian mulut dan hidung penggunanya. Inilah yang memicu masker ini terasa sangat membungkus mulut dan hidung sehingga tidak nyaman jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari selain staff medis.


- Jenis masker bedah

Tidak seperti masker medis bisa dicuci, masker bedah tentunya  berbeda dan merupakan masker yang sangat mudah dijumpai meski sebelumnya masker ini sangat langka dan harganya mahal. Namun seiring waktu kini masker bedah selain juga kembali murah harganya, juga saat ini mudah ditemukan. Masker kesehatan terbaik yang satu ini terdiri dari tiga lapisan dan terdapat lapisan filter pada bagian tengahnya. Sementara bagian dalam masker dapat menyerap cairan mulut dan hidung orang yang menggunakannya serta lapisan luar yang anti air. Makanya masker ini akan sangat baik jika digunakan bagi mereka yang sakit agar tidak menularkan kepada orang lain.

Masker jenis ini mampu menyaring virus dan bakteri hingga 80 % yang tentu saja menjadikan masker ini sangat direkomendasikan dalam upaya pencegahan menyebarnya virus.

Dalam penggunaannya masker ini sangat nyaman digunakan sehari-hari dan tersedia perekat dalam bentuk tali dan karet. Penggunaan masker ini hanya sekali pakai dan tidak bisa dicuci. Namun nyaman juga dipakai oleh anak-anak.


- Jenis masker P95

Jenis masker ini adalah masker yang sangat bagus karena dapat menahan hingga partikel dengan kandungan minyak sekalipun seperti aerosol minyak yang dapat disaring hingga 95 %. Disamping juga berfungsi sebagai masker respirator dengan kemampuan menyaring debu dan kotoran serta partikel bahaya lainnya. Para pekerja pabrik obat-obatan, kilang minyak, atau SPBU serta lainnya biasanya lebih memilih menggunakan masker ini. penggunaannya yang dapat dipakai selama 30 hari.

Masker P95 biasa digunakan pada pekerja di kawasan kilang minyak, pom bensin, pabrik farmasi dan masih banyak lagi. Masker ini bisa digunakan selama 40 jam dalam jangka waktu 30 hari.


- Jenis masker gas

Masker ini biasanya digunakan untuk menyaring bahan kimia tertentu. Juga penggunaannya sebagai alat pelindung akan gas maupun uap berbahaya serta sangat efektif dalam mencegah penyebaran virus Korona.

Masker ini jarang dijumpai karena hanya digunakan pada saat tertentu saja seperti terjadi tingkat polusi yang tinggi karena kebocoran bahan kimia atau kebakaran hutan. Namun dengan syarat harus menambahkan filter agar dapat menahan partikel yang terkandung dalam udara.


- Jenis masker N99

Seperti halnya masker bowin n99 , maka jenis masker N99 ini hanya digunakan sekali pakai saja dengan terdapat 6 lapisan serta memiliki 2 katup sirkulasi udara pada kiri dan kanan masker. Masker kesehatan terbaik ini mampu melindungi mikropartikel yang terdapat diudara hingga 99 mikropartikel dengan kandungan pm hingga 2,5. Penggunaan masker ini yang hanya sekali pakai hanya dapat digunakan dalam waktu 3 hingga 4 jam saja dalam sehari pemakaiannya. Masker ini sangat kaku dan tidak mengikuti bentuk wajah atau tidak lentur. Sehingga memang peruntukannya bukan sebagai alat pelindung diri sehari-hari.


- Jenis masker R95

Jenis masker ini adalah masker yang sangat sulit ditemukan. Masker ini juga sangat mampu dalam menghalau bakteri dan polusi dengan kandungan utama minyak. Dengan terdapat respirator maka memungkinkan masker ini untuk digunakan secara terus menerus. Namun dalam penggunaannya dapat digunakan dalam delapan jam untuk sekali pemakaian. Jika anda menggunakannya melebihi ketentuan tersebut maka dapat menyebabkan cedera.

Dengan meningkatnya pemakaian masker dimasyarakat dalam mengikuti anjuran pemerintah, maka masker menjadi sudah ditemui. Sehingga mendorong penggunaan masker kain menjadi salah satu solusi yang ada saat ini. dalam penggunaannya masker kain yang sangat akrab di tengah masyarakat ini juga memiliki aturan akan kriteria masker kain yang dapat diandalkan sebagai alat pelindung diri dalam masa pandemi korona saat ini. 

Terlebih setelah adanya edaran yang menganjurkan penggunaan masker maka masyarakat dalam aktivitasnya sehari-hari memilih masker kain karena sangat mudah dijumpai, murah dan nyaman digunakan. Hal ini tentu berbeda dengan masker kesehatan terbaik yang telah kita bahas di atas dimana masker kain kini diproduksi dalam jumlah banyak pada industri rumahan. 


Berikut mari kita simak beberapa ulasan seputar masker yang menjadi keharusan saat terjadi wabah seperti saat ini yang dikutip dari Kompas.com dari link
 
- Mampu mengurangi transmisi kuman dan virus 

Virus korona diyakini dapat menular dengan sangat mudah melebihi virus flu hingga 3 kali lipat. Orang yang telah terinfeksi bisa saja tidak menunjukkan gejala dalam 2 hari pertamanya. Namun transmisi tetap dapat terjadi dalam 2 hari tersebut dengan sangat dahsyat. Maka orang-orang yang tanpa gejala, yang tidak menunjukkan keluhan apa-apa sebenarnya berpotensi besar menularkan karena anda bagaikan tertipu dengan tampilan sehat yang terlihat.

Namun semakin banyak masyarakat yang menyadari hal ini membuat penggunaan masker medis menjadi tinggi sehingga tenaga medis mengalami kekurangan masker. Maka penggunaan masker kain dapat mengatasinya. Anda dapat menggunakan masker kain 2 lapis, atau menambahkan tissue pada bagian dalam masker sehingga ketebalan masker bertambah.

Droplet dari mereka yang tanpa gejala inilah yang harus dihindari dengan penggunaan masker yang benar. Transmisi virus antar sesama dapat dihindari dengan penggunaan masker di kalangan kita. Karena penularan utama virus salah satunya korona adalah melalui droplet dari hidung dan mulut penderitanya. Karena kita tidak tahu apakah di dinding, di pegangan kursi, ataupun fasilitas publik terdapat droplet orang tanpa gejala atau tidak. Maka penggunaan masker kesehatan terbaik yang memenuhi standar tetap harus dijalankan.


- Standard sebuah masker kain

Masker bowin organic mask dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda di samping penggunaan masker kain yang sesuai standar, dapat menghindari seseorang dari terinfeksi virus hingga 50 %. Seperti yang telah kita uraikan sebelumnya dimana anda dapat menggunakan 2 lapisan masker kain atau menambahkan tissue pada bagian dalam masker, maka pemilihan kain yang tepat juga perlu dilakukan. Serat kain yang terlalu tipis dan jarang, agar dihindari. 

Dalam hal ini perlu adanya survei dari badan yang berwenang akan bahan baku pembuatan masker kain yang tepat, yang saat ini banyak industri rumahan yang memproduksi masker namun dengan menggunakan bahan baku yang belum teruji kemampuannya sebagai alat pelindung diri terhadap virus.

Masker kesehatan terbaik haruslah benar-benar dapat diandalkan sebagai alat pelindung diri. Kita sebagai masyarakat yang tidak terlibat langsung dengan pasien, seperti layaknya tenaga medis, harus tetap jeli dalam memilih masker yang baik. Terlebih saat ini mudah dalam mendapatkan masker  seperti masker bowin shopee Ditambah stay at home adalah cara jitu terhindar dari virus. 

 

 

Source:

https://www.liputan6.com/bola/read/4217230/3-jenis-masker-yang-bisa-dipakai-cegah-corona-covid-19

https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/01/180300623/cegah-corona-ini-kata-ahli-kesehatan-dunia-tentang-masker-non-medis

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda