Masker N95 Sekali Pakai Untuk Tenaga Kesehatan
Information
08 Jun 2020
Share

Mendengar kata masker apa yang ada dalam benak Anda, tentunya berhubungan dengan covid-19 ya?
Memang, dunia sedang dilAnda virus mengerikan yang belum tahu kapan akan berakhir, tetapi sebaiknya kita yang masih sehat selalu menjaga imunitas tubuh dan social distancing. Ketika harus keluar rumah wajib memakai masker kesehatan yang dianggap bisa menangkal lompatan virus korona dari satu orang ke orang lain. Nah, untuk pemakaian masker sendiri masih banyak orang yang salah pakai artinya masker memiliki jenis dan penggunaan yang berbeda. 


Salah satunya masker jenis N95 yang hanya wajib dipakai oleh tenaga kesehatan seperti perawat, dokter dan bidan. Masker N95 ini memiliki spesifikasi khusus daripada masker jenis lainnya. Harganya juga lebih mahal dari masker kain dan cukup sekali pakai saja. Di bawah ini akan ada penjelasan mengenai fungsi masker N95 kenapa hanya boleh dipakai oleh tenkes ya!


1.    Respirator

Masker N95 didesain dengan begitu baik untuk mengendalikan sebuah partikel kecil yang akan masuk ke dalam orga pernafasan manusia. Partikel kecil ini seringkali membawa bakteri dan virus, maka fungsi masker ini juga sebagai respirator udara atau penyaring udara tertentu. Dalam kenyataannya masker N95 hanya boleh dipakai untuk tenkes (tenaga kesehatan) yang kini sedang berjuang dalam melawan korona. Setiap kali datang ke zona merah, tenkes wajib memakai masker ini untuk menghalau virus agar tidak masuk ke dalam mulut dan hidung, selain itu tenkes juga memakai helm bening untuk menghalau virus menempel pada permukaan masker. 


2.    Tidak Perlu Untuk Yang Sehat Non Tenkes

Masker N95 memang dibuat khusus untuk tenkes karena mereka bekerja di dalam zona merah korona. Virus korona tidak menular lewat udara namun melalui lompatan udara saat ada orang batuk dan bersin tanpa ditutupi. Satu kali orang bersin tanpa ditutupi maka partikel virusnya akan menempel pada permukaan kulit wajah secara langsung. Dengan alasan inilah mengapa masker N95 yang memiliki sifat anti bakteri dan virus hingga 90% akurat lebih disarankan dipakai untuk tenkes yang riskan dengan pasien korona. Masker N95 cukup kedap udara karena itu tenkes yang sedang memeriksa pasien akan disarankan memakai jenis ini sementara waktu dan dibuang setelah selesai. 


3.    Filter Lebih Kuat 

Filter atau daya saring lebih kuat dari masker kain, masker N95 memiliki lapisan lebih dari satu dan berkekuatan 0,25 mikro dengan daya saring udara mencapai 95%. Tidak heran jika masker N95 ini dirasa cukup sumpek dipakai oleh tenkes karena lebih efektif dalam menghalangi partikel virus atau bakteri. Kendati lebih bagus bukan berarti tidak beresiko tertular karena mencuci tangan dan menaikkan imunitas tubuh akan lebih baik. 

 


Source:

https://www.popmama.com/life/health/adeline-kinanti/fakta-cara-menggunakan-masker-N95/5
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda