Masker N95 Berapa Kali Pakai Dalam Satu Hari?
Information
08 Jun 2020
Share

Mulai saat ini, kamu harus terbiasa memakai masker ketika berada di luar rumah karena anjuran dan kewajiban dari pemerintah agar tidak terkena dampak korona. Jika kamu masih merasa sehat dan tidak kemana-mana cukup memakai masker kain yang berdaya saring 70% untuk menghalau partikel virus ringan seperti flu atau batuk biasa. Namun, tetap jaga kondisi tubuhmu dari serangan virus ringan karena tetap saja virus tersebut melemahkan sistem kekebalan tubuh dan potensi tertular korona semakin besar. 


Pemakaian masker N95 memang dianjurkan karena mampu menahan partikel air liur dari orang lain yang menempel di tubuh kita. Keefektifan dari lapisan masker N95 ini mencapai angka 99% dengan daya saring PM 2,5. Tapi kemungkinan rasa nyaman harus kamu sisihkan karena bentuknya bulat setengah lingkaran ini hanya menutupi area mulut dan hidung saja. Sangat kuat dalam cengkeraman karetnya dan membuat orang yang memakainya agak kesulitan untuk bernafas. 


Apakah Masker N95 Wajib Untuk Warga Biasa?

Penjualan dari masker N95 ini sangat terbatas untuk warga umum karena masker ini dikhususkan untuk tenkes saja. Kecuali kamu membeli masker sebagai bentuk donasi kepada tenkes yang sangat membutuhkan. Memang tidak ada salahnya jika kamu ingin melindungi diri dari paparan udara kotor atau virus korona yang memungkinkan mendekat. Tetapi, akan lebih baik dan diutamakan jika kamu tidak memakai masker N95. 


Tenkes memakai ini untuk area rumah sakit, klinik dan sejenisnya terutama area yang terdapat pasien korona. Namun, saat tenkes sudah selesai dan stay di rumah mereka lebih disarankan memakai masker non medis atau kain saja. Masker N95 dijual dengan harga yang cukup tinggi karena fungsinya yang spesifik, maka untuk warga biasa sebaiknya tidak perlu membeli jika sehat kecuali memang tergolong mampu.  


Berapa Kali Pemakaian Masker N95 Dalam Sehari?

Frekuensi masker N95 berapa kali pakai?

Cukup satu kali dalam sehari dan bisa diperkirakan hanya di area yang ditentukan saja (rumah sakit). Tenkes yang memakai masker N95 ini memang akan terasa sumpek dan tidak nyaman karena kesulitan bernafas. Tetapi, percikan virus korona yang menempel pada permukaan luarnya tidak terlihat dan harus segera dibuang. 


Cara Baik Sebelum Pakai Masker 

  • Cuci tangan dengan sabun secara tepat
  • Pastikan bahwa masker masih dalam segel, apabila sudah terbuka sebaiknya jangan dipakai, pilih masker yang masih segel
  • Pasangkan masker sesuai mulut dahulu barulah ikat talinya.
  • Usai tidak terpakai jangan lupa untuk menarik masker dari mulut dan langsung buang atau bungkus ke plastik khusus.
  • Cuci tangan kembali sebelum mengenakan masker yang baru

Perlu diingat ya agar kamu selalu menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi dan buah mengandung vitamin C tinggi. 

 

Source:

https://www.alodokter.com/inilah-pilihan-masker-untuk-virus-corona
 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda