Masker Kesehatan dan Fungsinya
Information
08 Jun 2020
Share

Pandemi kali ini memang sangat lama sehingga banyak orang yang tidak tahan untuk berdiam diri di rumah. Apalagi saat ini kebutuhan selama karantina mandiri sangat menipis sehingga orang haru keluar. Saat ini masyarakat yang ingin keluar boleh asal menaati protokol covid-19 yang salah satunya menggunakan masker. Masker yang digunakan masyarakat adalah masker kain sedangkan untuk para tenaga kesehatan menggunakan masker kesehatan. Mungkin Anda sudah banyak tahu tentang masker kain, namun Apakah Anda sudah tahu mengenai pengertian masker kesehatan dan fungsinya ?


Untuk itu, di sini akan dibahas mengenai beberapa hal tentang masker kesehatan agar Anda menjadi lebih paham. Berikut masker kesehatan dan fungsinya :

Mengenal Lebih Dekat dengan Masker Kesehatan

Pembahasan yang pertama adalah mengenai masker kesehatan itu sendiri. Masker kesehatan bisa dalam bentuk masker bedah atau juga para tenaga medis yang memiliki risiko yang besar terkena virus corona untuk menggunakan masker n95.


Masker bedah digunakan untuk para tenaga medis yang mana lingkungan kerjanya masih dalam kondisi yang belum bahaya, biasanya digunakan oleh para dokter praktik mandiri. Sedangkan masker n95 adalah masker yang digunakan untuk tempat yang berisiko besar seperti Rumah sakit yang sering dikunjungi pasien Covid-19.


Masker kesehatan memiliki pori-pori dan juga standar perlindungan yang mumpuni sehingga bisa melawan virus dan bakteri dengan keefektifan yang lebih besar dibandingkan masker kain atau masker non kesehatan lainnya.


Fungsi dari Masker Kesehatan

Fungsi masker kesehatan tentu saja untuk menghalangi penularan virus baik dari atau ke manusia yang lain. Masker kesehatan ini sangat pas digunakan oleh paramedis yang memiliki intensitas pertemuan dengan pasien covid-19 yang tentu saja sangat mungkin menularkan virusnya ke pada mereka. Dengan menggunakan masker maka tenaga medis akan lebih aman.


Perbedaan antara Masker Kesehatan dan Non Kesehatan

Masker kesehatan sangat dianjurkan digunakan oleh para tenaga medis yang memiliki risiko yang besar tertular dari pasien. Sedangkan masker non kesehatan merupakan masker yang memiliki efektivitas pencegahan yang baik hanya sebagai antisipasi awal dalam proses penularan virus corona untuk lingkup kecil seperti lingkup masyarakat.


Kesimpulan dan Penutup

Jadi, setelah Anda mengetahui apa itu masker kesehatan dan fungsinya maka Anda bisa lebih paham. Paham dengan apa masker kesehatan itu apa dan bagaimana cara penggunaannya. Sekarang Anda sudah paham bagaimana penggunaannya yang tepat, jadi gunakan masker kain apabila Anda keluar rumah dan merasa sehat, akan tetapi jika Anda merasa sakit gunakan masker kesehatan. Jangan menimbun masker karena akan menimbulkan kelangkaan yang berakibat fatal untuk para tenaga kesehatan Indonesia yang berjuang mati-matian di perjuangan  yang terdepan.

 

 

Source: 

https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/anjuran-mengenai-penggunaan-masker-dalam-konteks-covid-19.pdf
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda