Masker Kain Bisa Dicuci, Bagaimana Caranya Agar Bersih Total?
Information
09 Jun 2020
Share

Perawatan masker sebaiknya dilakukan dengan bijaksana karena bisa untuk menghemat pengeluaran. Untuk Anda yang tidak kesulitan membeli masker dalam jumlah banyak mungkin tidak masalah ya namun berbeda dengan mereka yang masih kesulitan dalam stok masker tentunya perlu merawat masker agar tidak lekas rusak. Di bawah ini ada cara yang baik masker kain bisa dicuci agar awet.


1.    Bungkus Masker Yang Telah Dipakai

Masker kain hanya dipakai 4 jam dalam sehari dan harus diganti dengan masker yang baru. Anda harus memperkirakan berapa kebutuhan masker dalam sehari jika memang harus bekerja di luar rumah. Sebenarnya jika Anda tidak banyak bersinggungan dengan orang dan bekerja di dalam kantor masker kain bisa dilepas. Namun, akan lebih aman jika terus dipakai. Bungkus masker kain yang telah dipakai ke dalam wadah plastik. 


2.    Basahi Dengan Air Mengalir 

Setelah di rumah, jangan buka plastik pembungkus dulu sebelum dicuci. Jika Anda ingin mencucinya maka basahi masker dengan air mengalir dan peras. Usahakan masker terbasahi semua. 


3.    Siapkan Deterjen

Ambil deterjen secukupnya untuk larutan cucian masker kain di ember khusus, jangan dicampur ya dengan  cucian baju yang tidak keluar rumah. Jadikan satu dengan baju yang telah dipakai di luar rumah. Deterjen yang dipilih sebaiknya yang mengandung zat aktif melawan bakteri, virus dan kotoran. Biasanya tertulis di bagian bawah kemasan. 


4.    Rendam 30 Menit

Untuk hasil maksimal, rendam masker kain selama 30 menitan dan kucek setelahnya secara perlahan. Proses pencucian ini membutuhkan ketelitian artinya area masker harus terkena larutan deterjen. Jangan pakai sikat cuci kasar karena bisa merusak serat kain yang membuat tipis masker kainnya. Semakin sering disikat maka tekstur kain akan semakin tipis apalagi masker kain terbuat dari bahan katun. 


5.    Bilas Air Mengalir 

Selesai mencuci, bilas dengan air mengalir untuk memaksimalkan kotoran hanyut. Usahakan pakai air bersih dan jangan pakai air bekas cucian baju yang tidak keluar. 


6.    Jemur 

Jemur di area yang terlindung dari lingkungan banyak orang ya agar masker yang telah bersih tidak terkontaminasi lagi dengan percikan air liur lingkungan. Mungkin Anda bisa jemur di area teduh karena bahan katun mudah kering dalam waktu beberapa jam saja. 


Hati-hati saat Anda keluar rumah karena penularan korona bisa saja terbawa ke dalam lingkungan keluarga, maka sebaiknya pakaian langsung di cuci. Anda jangan memegang apapun ketika sudah masuk ke rumah sebelum mandi dan steril. Masker kain yang dicuci bisa dipakai ulang selama kurun waktu 2-3 bulan untuk fungsi masker kesehatan. Serat kain akan semakin tipis dan diganti lagi dengan yang baru lagi. 

 

Source: 

https://www.suara.com/news/2020/04/30/192952/cara-mencuci-masker-kain-bebas-corona-jangan-sampai-salah
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda