Manfaat Sinar UVC/Lampu UVC Yang Jarang Diketahui Masyarakat 
Information
25 Nov 2020
Share

Hidup di kawasan perkotaan memang membuat seseorang lebih concern terhadap kesehatan mereka. Terlebih lagi hadirnya berbagai macam bakteri maupun virus berbahaya yang mampu membawa penyakit berbahaya. Dan keberadaan sinar UVC/lampu UVC ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk membunuh berbagai macam bakteri maupun virus berbahaya. 

Lampu UV Led sendiri memang tengah populer belakangan ini. Hal ini tidak lain karena lampu UV ternyata mempunyai banyak manfaat seperti digunakan untuk membunuh bakteri dalam proses pemurnian air minum. Metode sterilisasi air dengan menggunakan air minum ini sendiri ternyata sudah banyak digunakan sejak lama. 


Cara kerja lampu UVC 
Seperti yang sudah kita ketahui, lampu sinar UV sendiri ternyata mempunyai beberapa jenis yakni lampu dengan sinar UVA, UVB dan UCV. Dan lampu UVC adalah lampu yang dipercaya sangat bagus untuk menghancurkan bahan genetic partikel virus. Bukan hanya itu saja, UVC sendiri ternyata dipercaya mampu membunuh mikroorganisme. 
Penggunaan lampu UVC ini pun ternyata sudah cukup luas yakni digunakan untuk sterilisasi di kawasan rumah sakit, kantor, pesawat terbang bahkan kantor. Adapun cara kerja dari lampu ini pun juga sangat simple. 

Yaitu gelombang yang terdapat didalam sinar tersebut akan menonaktifkan mikroorganisme dengan cara menghancurkan asam nukleat dan kemudian akan menganggu DNA mereka. Itulah yang menyebabkan mikroorganisme di dalamnya tidak akan berfungsi dengan baik. Bukan hanya itu saja, jenis lampu ini pun juga dipercaya mampu membunuh virus yang ada disekitar kita. 

Jika anda akan menggunakan lampu ini, maka anda juga harus memperhatikan bagaimana  cara penggunaan lampu yang tepat. Jenis sinar UVC/Lampu UVC ini sendiri sangat cocok apabila digunakan dalam keadaan ruangan yang kosong atau tidak ada manusia yang beraktivitas di dalamnya.  Setidaknya membutuhkan waktu 15-30 menit hingga lampu benar-benar mampu membunuh mikroorganisme. 

Cara penggunaan dari lampu UVC ini memang harus benar-benar anda perhatikan. Hal ini bukan tanpa alasan karena sinar ini bisa merusak kulit anda bahkan bisa mengakibatkan kanker kulit. Penggunaan dari lampu ini pun lebih tepat untuk mensterilkan benda-benda agar bisa terhindar dari bakteri maupun b


Manfaat lampu UVC 
Ada beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari penggunaan jenis lampu yang satu ini. sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya, simak ulasan di bawah ini. 

1. Mampu mengurangi penyebaran penyakit  yang mematikan 

Salah satu manfaat atau keunggulan dari jenis lampu UVC ini adalah mampu mengurangi adanya penyebaran penyakit yang berbahaya bahkan bisa memusnahkan penyakit itu sendiri. Hal ini tidak lain karena cahaya UV yang mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek jika dibandingkan dengan sinar kasat mata. 
Tidak heran apabila jenis lampu yang satu ini memberikan efisien dalam membunuh bakteri maupun mencegah mikroorganisme untuk tumbuh dan berkembangbiak. 

2. Mampu membuat benda disekitar lebih steril 

Sinar UVC ternyata juga bisa digunakan untuk menjernihkan benda-benda yang ada disekitar kita seperti untuk menjernihkan  udara, mensterilkan sayuran hingga gadget yang anda miliki di rumah. 

3. Membantu proses steril pengolahan air 

Bukan hanya itu saja, sinar ultraviolet ini sendiri ternyata juga mampu membantu proses steril pengolahan air. Dengan sinar UVC ini lah berbagai macam kuman maupun bakteri didalam air bisa mati. 

Demikian beberapa ulasan mengenai sinar UVC/Lampu UVC ini. sebelum anda memutuskan untuk membeli jenis lampu ini, pastikan anda mengetahui bagaimana cara penggunaan lampu yang tepat agar tidak menimbulkan berbagai macam masalah berbahaya. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda