Manfaat Masker Kain
Information
08 Jun 2020
Share

Karena pandemic COVID-19 yang belum juga berhasil ditanggulangi, pemerintah masih gencar menginstruksikan masyarakat untuk memakai masker sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebenarnya ada banyak sekali jenis masker yang ada di pasaran seperti masker n99, masker bedah, masker kain, dan juga masker n95. Namun, sekarang ini pemerintah sedang gencar-gencarnya meminta masyarakat untuk menggunakan masker kain sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona. Hal ini dilakukan karena masker kain lebih mudah didapatkan dan masyarakat juga bisa membuat masker kain ini dirumah. Berikut dibawah ini adalah manfaat masker kain yang perlu anda ketahui: 


Bisa Dicuci Lagi 

Salah satu manfaat dari masker kain adalah masker ini bisa dengan mudah dicuci kembali. Kita cukup mencuci masker ini setelah dipakai tak lebih dari 4 jam dengan menggunakan sabun deterjen. Dengan demikian, masyarakat akan lebih memudahkan masyarakat untuk merawat serta menggunakan masker kain ini. Selain mudah dicuci, masker kain juga lebih mudah didapat ketimbang masker-masker lain, misalnya saja masker bedah. 


Cukup Efektif 

Selain bisa dicuci lagi serta dapat diperoleh dengan mudah, manfaat masker kain yang dapat kita peroleh adalah masker ini cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Menurut sebuah jurnal penelitian di Cambridge pada tahun 2013 lalu menyimpulkan bahwa masker kain non-medis sudah cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus. Karena COVID-19 merupakan virus yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 memiliki ukuran sekitar 0.12 hingga 0.18 mikron. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa masker bedah dapat melindungi penggunanya dari partikel sebesar 0.12 micron sebanyak 97%. Dan jika menggunakan masker kain satu lapis maka dapat melindungi penggunanya sebesar 83%. Dan ketika menggunakan masker kain 2 lapis, maka tingkat keefektifannya berkisar antara 93%. Dari sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan masker kain cukuplah efektif untuk mencegah penularan virus corona. 


Keefektifan Mencapai 71% 

Jika kita menggunakan kain katun sebagai bahan masker kain, maka keefektifan masker kain tersebut dalam mencegah penularan virus berkisar antara 69%. Ini jika kita hanya menggunakan satu lapis. Jika kita menggunakan dua lapis maka tingkat efektifitasnya bisa mencapai 71%. Pemerintah melakukan sosialisasi penggunaan masker kain ini untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker ketika hendak bersosialisasi dengan orang lain atau hendak melakukan perjalanan. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih sadar dan peduli untuk melindungi diri sendir; keluarga, serta orang-orang yang ada disekitar mereka. 
Meskipun terlihat sederhana, masker kain ternyata memiliki banyak manfaat. Manfaat masker kain yang dapat kita peroleh diantaranya adalah harga yang relatif murah, mudah diperoleh jika dibandingkan dengan masker-masker kain, bisa dicuci lagi, serta terbukti cukup efektif untuk mencegah penularan virus. \

 


Source:

https://m.liputan6.com/bola/read/4225540/ini-keuntungan-menggunakan-masker-kain-demi-cegah-corona-covid-19
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda