Manfaat Disinfectant Spray – Silver Ion dalam Membunuh Bakteri dan Virus
Information
03 Dec 2020
Share

Silver ion yang merupakan partikel perak dengan ukuran sangat kecil disebut-sebut efektif membunuh kuman, mikroorganisme, dan virus. Selain dijadikan disinfectant spray – silver ion, partikel perak ini telah digunakan dalam peralatan medis, seperti pada alat kedokteran gigi dan kateter. 
Lantas seberapa efektif disinfectant spray – silver ion dalam membunuh virus Corona? Apakah kegunaan desinfektan sama dengan antiseptik?


Mengenal Perbedaan Desinfektan dan Antiseptik
Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk memutus rantai penularan Covid-19, salah satunya adalah menggunakan antiseptik dan desinfektan. Meski sama-sama berfungsi membunuh bakteri, nyatanya antiseptik dan desinfektan punya cara penggunaan yang berbeda. 

Antiseptik merupakan senyawa kimia yang berfungsi membunuh atau menghambat mikroorganisme dan aman digunakan pada bagian tubuh. Antiseptik ini terdapat dalam kandungan hand sanitizer, seperti alkohol 60-70 persen. Jika dibandingkan dengan desinfektan, antiseptik memiliki kadar bahan aktif yang lebih rendah. 

Sementara disinfektan berfungsi menghambat dan membunuh mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan jamur. Penggunaan desinfektan pada kulit rentan menyebabkan iritasi, sehingga senyawa kimia ini lebih tepat dijadikan disinfektan spray ruangan. Selain itu, desinfektan bisa disemprotkan pada permukaan benda, seperti pada furniture, daun pintu, dinding, buku, maupun peralatan lainnya. 


Bagaimana Disinfectant Silver Ion Membunuh Virus?
Disinfektan spray terbaik dengan kandungan silver ion terbilang ampuh dalam membasmi virus dan kuman. Hal ini dikarenakan silver ion bekerja secara maksimal dalam membunuh virus. Silver ion bekerja mengikat virus tanpa merusak sel tubuh. Selain itu, virus yang terpapar silver ion akan terganggu proses metabolismenya, sehingga susunan DNA-nya pun tutur rusak. Hal inilah yang menyebabkan virus tidak dapat berkembang biak dan mati. 

Lebih jauh, dinding sel virus yang terkena silver ion akan rusak. Kerusakan dinding sel ini akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup virus tersebut. 
Walaupun silver ion mampu membunuh virus dan bakteri, pemilihan desinfektan dengan kandungan silver ion tetap harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah kandungan alkohol di dalamnya. 

Desinfektan dengan kandungan etanol minimal 60% diketahui dapat melarutkan bagian lipid pada lemak yang mengakibatkan kerusakan terhadap virus itu sendiri. desinfektan dengan kandungan klorin dioksida, sodium hipoklorit, dan asam hipoklorit juga diketahui mampu bekerja menembus dinding virus dan merusak bagian dalamnya. Begitu pun dengan kandungan benzalkonium klorida dalam disinfektan. 

Namun, desinfektan yang aman digunakan untuk ibu hamil, bayi, dan anak kecil adalah tanpa kandungan alkohol. Oleh karenanya, desinfektan silver ion tanpa campuran alkohol bisa jadi pilihan pas untuk digunakan di lingkungan rumah.

Penggunaan antiseptik dan desinfektan spray menjadi salah satu metode untuk mencegah penularan Covid-19. Akan tetapi, meningkatkan daya tahan tubuh pun perlu untuk dilakukan. Ketika sistem imun dalam kondisi baik, akan lebih besar peluang bagi tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri. 

Pembentukan sistem imun ini dapat dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, serta senantiasa menjaga kebersihan dengan cuci tangan. 

Selain itu, penting pula untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin E. Vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan seperti tomat, stroberi, kiwi, jeruk, jambu biji, dan pepaya. Sedangkan vitamin E bisa ditemukan dalam beberapa buah seperti alpukat, mangga, pepaya, dan lain sebagainya. 

Meningkatkan imunitas tubuh yang  diiringi dengan penggunaan disinfectant spray – silver ion untuk membunuh kuman di permukaan benda, bisa jadi solusi pencegahan penularan Covid-19. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda