Macam-macam Hand Sanitizer
Information
03 Dec 2020
Share

Hand sanitizer adalah salah satu alat yang harus dibawa ke mana-mana untuk membersihkan tangan khususnya saat tidak ada air dan sabut. Hand sanitizer dapat bermanfaat bagi manusia karena dapat membunuh berbagai mikroorganisme berbahaya yang bisa menginfeksi bagian tubuh atau menyebabkan alergi pada kulit di samping penggunaan alat penyaring debu di ruangan.

Ada beberapa jenis hand sanitizer yang sering ditemukan di lingkungan masyarakat dan juga dijual di  beberapa apotek atau di toko alat kesehatan. Untuk Anda yang penasaran dengan apa saja jenis-jenis dari hand sanitizer ini, sudah dirangkumkan dan akan dijelaskan di bawah ini:


Hand Sanitizer Alkohol
Pertama dan yang paling laku di pasaran adalah Hand Sanitizer yang berbahan dasar alkohol atau biasa disebut dengan Hand Sanitizer Alkohol. Hand Sanitizer ini biasanya mengandung alkohol dengan kadar 70% yang bertujuan untuk dapat membunuh bakteri hingga virus. Hand sanitizer alkohol ini banyak digunakan untuk rumah sakit atau untuk keperluan pribadi.

Alkohol juga merupakan hand sanitizer yang paling direkomendasikan oleh WHO untuk masa pandemi kali ini karena untuk mencegah penyebaran virus. Namun kebanyakan orang mengeluh terhadap alkohol ini karena membuat kulit menjadi kering dan mengelupas bahkan mengganggu pekerjaan. Bahkan walaupun sudah menggunakan pelembab, alkohol ini masih banyak yang menimbulkan kekeringan.


Hand Sanitizer Strong Acidic Water
Selanjutnya ada Hand Sanitizer yang dibuat dengan mesin Kangen Water yaitu Strong Acidic Water. Hand sanitizer yang satu ini diklaim dapat membunuh bakteri dan juga virus dengan sangat cepat karena sifatnya yang sangat asam bahkan sampai pH 3. Hand Sanitizer ini pada kemunculannya sudah menimbulkan pro dan kontra. 

Bagi para penjual, strong acidic water ini sangat aman akan tetapi bagi para tenaga kesehatan dan juga ahli kimia masih meragukan. Kadar asam yang tinggi memang sangat mempengaruhi kematian bakteri atau bahkan virus-virus tertentu akan tetapi jika dilihat dari kadar asamnya, dengan pH yang sangat rendah seperti itu maka akan merusak jaringan kulit.


Hand Sanitizer Alami
Selanjutnya ada Hand Sanitizer alami. Hand sanitizer ini dibuat dengan menggunakan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang memiliki sifat anti bakteri misalnya adalah daun kayu putih, serai, dan masih banyak lagi lainnya. Tumbuhan-tumbuhan tersebut memang mengandung antibakteri yang baik sehingga bisa membunuh berbagai jenis bakteri yang ada di tangan.

Akan tetapi hal ini masih perlu dilakukan kajian terlebih dahulu sebab takaran yang pasti belum ditemukan dan efektivitasnya untuk bakteri topikal ini masih belum banyak penelitian yang dilakukan. Oleh karena itu, hand sanitizer ini masih kurang diminati pelanggan karena belum ada jurnal yang pasti mengenai standar pengolahan, komposisi yang digunakan, dan lain sebagainya.


Hand Sanitizer – Silver ion
Dan yang terakhir dan yang paling baru adalah Hand Sanitizer – Silver ion. Hand sanitizer yang satu ini memanfaatkan ion perak sebagai bahan utamanya karena ion perak ini sangat efektif untuk membunuh bakteri dan juga jamur yang sering ada dan berkembang biak di tangan.

Hand sanitizer ini dapat Anda temukan di apotek atau di toko alat kesehatan baik secara Online maupun offline. Penggunaannya juga biasanya hanya di rumah saja karena untuk kemampuan membunuh virus masih terus diteliti. Penggunaannya di rumah biasa dipadukan dengan penyaring udara atmosphere agar kebersihan rumah lebih optimal. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda