Lawan Covid dengan Disinfektan VS Sinar UVC
Information
30 Nov 2020
Share

Sinar UVC corona adalah 2 entitas yang saling bertolak belakang. Sinar UVC merupakan sinar yang belakangan ini sangat digandrungi untuk melawan keberadaan virus Covid yang berbahaya. Sebelumnya penggunaan sinar UVC ini memang belum populer, karena lebih banyak orang yang menggunakan bahan kimia berupa desinfektan untuk melawan virus ini. 

Akan tetapi saat ini, banyak orang yang mulai berpikir manakah yang lebih efektif untuk digunakan apakah desinfektan atau penggunaan UVC. Untuk Anda yang masih bingung akan memilih menggunakan desinfektan atau menggunakan UVC, maka berikut ini adalah perbandingannya. 


Kelebihan dan kekurangan desinfektan 
Desinfektan merupakan salah satu alat yang dari awal munculnya Covid hingga saat ini masih banyak dipercaya untuk membantu mengatasi masalah pembersihan atau sterilisasi dari bakteri dan mikroorganisme yang berbahaya lainnya. 

Hal ini disebabkan karena desinfektan memiliki cukup banyak kelebihan. Akan tetapi selain memiliki kelebihan desinfektan juga memiliki kekurangan. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari desinfektan ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

  • Kelebihan dari desinfektan 

Kelebihan dari desinfektan adalah bentuknya yang kecil. Disinfektan memiliki bentuk lebih kecil dan bisa ditempatkan pada botol yang sangat kecil sehingga bisa digunakan di mana saja. Hal ini membuat disinfektan menjadi sangat portable dan bisa digunakan kapan saja. 
Selain itu, kelebihan lainnya adalah desinfektan ini bisa dibuat sendiri dengan menggunakan campuran yang bisa ditemukan di pasaran. Cara pembuatannya juga sudah banyak beredar di masyarakat sehingga Anda bisa membuatnya sendiri kapanpun dan dimanapun. 

  • Kekurangan dari desinfektan

Untuk kekurangannya, jika dibanding dengan Tas UVC kemampuan sterilisasi dari desinfektan ini masih cukup dipertanyakan. Banyak juga resep pembuatan desinfektan yang salah di internet sehingga terkadang desinfektan Anda sesungguhnya tidak bisa digunakan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme patogen seperti Covid 19. 
Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat disinfektan juga merupakan bahan kimia. Bahan ini bisa berbahaya jika Anda menggunakannya pada perangkat yang dekat dengan selaput lendir seperti mata, mulut dan juga di dekat indra penciuman. 
Bahaya bahan kimia ini memang tidak langsung tampak, akan tetapi jika terus menerus bertumpuk di tubuh, maka bahan kimia ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. 


Penggunaan tas UVC untuk sterilisasi 
Untuk Anda yang tertarik menggunakan sinar UVC, maka salah satu perangkat yang bisa digunakan adalah Tas UVC. Perangkat ini tentu memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan disinfektan spray kecil. 

  • Kelebihan dari UVC bag untuk sterilisasi

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sinar UVC sebagai alat untuk sterilisasi adalah mengenai probabilitas yang dimilikinya. Meskipun tidak se-portable desinfektan tapi UVC bag juga bisa cukup portable jika dibandingkan dengan alat steril listrik. 
Dengan menggunakan sinar UVC pada tas yang Anda beli, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mensterilkan barang Anda dimanapun dan kapanpun Anda inginkan. Hal ini disebabkan karena produk ini sangat efektif dan bisa dibawa ke mana pun. 
Selain itu, UVC bag juga menggunakan sinar UVC yang tidak meninggalkan residu seperti desinfektan sehingga sangat aman untuk digunakan.

  • Kekurangan yang dimiliki oleh UVC bag untuk sterilisasi 

Lalu untuk kekurangannya, kekurangan satu-satunya dari Tas UVC ini adalah perangkat ini hanya bisa Anda beli dan tidak bisa dibuat sendiri kecuali Anda adalah orang yang ahli dibidang fisika dan elektronik. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda