Langkah Mudah Merawat Air Humidifier
Information
25 Nov 2020
Share

Ada banyak sekali orang yang menggunakan air humidifier namun mereka tidak mengetahui bagaimana cara mengganti air humidifier. Padahal sangat disarankan jika alat ini harus dibersihkan minimal adalah 2 kali dalam sebulan. Walaupun memang terlihat sangat sepele, namun air humidifier memang harus anda bersihkan. Karena ada banyak kotoran di dalamnya dan partikel asing yang bisa meningkatkan resiko alergi jika tidak dibersihkan. 

Namun sebelum anda akan membersihkan humidifier ini sangat penting bagi anda melindungi diri anda dari papar bahan kimia yang mungkin keluar dari dalamnya. Untuk itu, pastikan ketika akan membersihkannya menggunakan sarung tangan, masker hingga kacamata. 


Langkah 1 
Anda harus mematikan mesin dari air humidifier sebelum akan membersihkan. Selanjutnya anda bisa membongkar mesin dari humidifier ini untuk mengosongkan bagian tangki air dan juga melepaskan alat penyaring udara dari mesinnya. Sebaiknya untuk anda mencuci filter dengan cara membilasnya dari bawa aliran air dingin dari air keran. Lalu anda bisa tiriskan dan mulai lap dengan lap bersih hingga anda harus pastikan benar – benar kering, 


Langkah 2
Selanjutnya anda bisa menuangkan cuka secukupnya pada tangki air dan anda juga harus memastikan jika semua sisi dalam tangki sudah terkena cuka. Lalu anda bisa diamkan selama 30 hingga 60 menit untuk bisa menghilangkan tumpukan kotoran yang menempel pada tangki air. Setelahnya anda bisa sikat secara perlahan untuk membersihkan sisa kerak yang masih menempel pada bagian dinding tangka. Dan untuk membersihkan area yang tidak terjangkau maka anda bisa menggunakan sikat kecil. 


Langkah 3
Jika anda merasa tangkinya tidak memungkinkan untuk anda sikat, maka anda bisa menggunakan campuran air cuka, air dingin dan beras. Anda bisa memasukkan semua bahan ke dalam tangki maka anda bisa tutup rapat dan kocok hingga kurang lebih satu menitan. Lalu ulangi hingga kotoran menempel di dinding tangki. 


Langkah 4
Agar tangki ini nantinya benar – benar bersih. Maka anda bisa mengulangi langkah kedua ini dengan bahan yang berbeda. Dimana anda bisa merendam tangki yang dicampur dengan air dingin dengan sesendok teh hidrogen peroksida. Lalu anda bisa diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu anda bisa bilang dan keringkan. 


Langkah 5
Untuk bagian rangka dari alat ini, maka anda bisa membersihkan bagian luar dengan menggunakan lap yang bersih yang sudah anda rendam dalam campuran air dingin dan air cuka. Karena peranan cuka disini bisa membantu dalam menghambat pertumbuhan dari jamur dan bakteri pada bagian luar rangka. Setelah semuanya sudah kering, maka air humidifier yang bagus bisa anda pasangkan kembali rangkanya. Dan jangan lupa untuk mengganti bagian filter udara dan isi tangkinya dengan menggunakan air bersih. 


Lalu Berapa Kali Harus Membersihkan Alat ini?
Jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal. Maka anda bisa membersihkannya kurang lebih satu kali dalam seminggu. Namun jika anda ingin mendapatkan air humidifier yang bagus dan kualitasnya bagus juga maka anda bisa membersihkannya setiap hari. Hal yang harus anda ingat juga adalah karena air humidfier juga bisa menjadi tempat berkembangbiaknya kuman, sehingga jika anda tidak merawat dengan benar maka alat ini justru akan membuat anda dan keluarga tidak mendapatkan manfaat baik namun bisa menyebabkan penyakit karena terkena paparan kumat. Jadi ada baiknya untuk anda selalu memastikan jika selalu merawat alat ini dengan baik dan benar. Sehingga keluarga anda akan terhindar dari jamur dan bakteri yang menyebabkan penyakit. 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda