Kriteria Yang Baik Dalam Pembelian Air Purifier
Information
25 Nov 2020
Share

Kebersihan udara sangat penting agar kondisi kesehatan tubuh selalu stabil dari penyakit, artinya bahwa setiap udara mengandung bakteri dan kuman yang cukup besar dalam penyebarannya. Setiap udara tidak bisa dikategorikan bersih ketika tidak berbau, ada kalanya udara yang bersih sekalipun masih bisa mengandung partikel virus yang membahayakanan diri. 

Untuk menangkal udara kotor, ada baiknya di rumah Anda tersedia alat penyaring udara kamar atau air purifier yang memiliki kriteria di bawah ini.

1. Terdapat Filter

Sekilas orang menyebut air purifier mirip dengan AC atau pendingin ruangan tetapi sebenarnya mereka berdua berbeda. Perbedaan keduanya ada dalam sistem kerja penyaringan udara, untuk AC mayoritas hanya mendinginkan udara sekitar, bekerja berputar dan dikembalikan kembali dalam bentuk suhu yang lebih rendah dari udara sebelumnya. Sedangkan, untuk air purifier bekerja dengan sistem filter atau saringan udara yang kemudian ditangkap dan disterilkan dengan reaksi di dalamnya agar menghasilkan udara lebih bersih, kemudian udara yang telah bersih itu dikeluarkan lagi ke lingkungan. 

Maka, dalam pemilihan alat penyaring udara sangat ditentukan oleh komponen filter yang ada di dalamnya. 

2. Nilai CADR Tinggi

CADR adalah Clean Air Delivery Rate yaitu sebuah potensi atau kemampuan alat dalam proses produksi udara terbaru dan menyalurkan di lingkungan. Dinilai dengan angka yang tertera pada alatnya. Dengan uji international Minimum Efficient Reporting Value (MERV) nilai dari cadr ini menjangkau nilai 17-20 (terbaik). 

Sehingga, angka ini dijadikan patokan bahwa ketika sebuah alat dengan fitur cadr yang tinggi maka potensi dalam pekerjaan pembersihan udaranya begitu baik dan lebih steril dalam menjaga udara di rumah. 

3. Terdapat Humidifying

Fitur ini berguna dalam menjaga kelembaban udara yang terdapat di dalam komponen alat penyaring udara. Fungsi humidifying ini lebih cenderung menyeimbangkan kelembaban udara sekitar 60% dan membuat bakteri atau jamur tidak mudah berkembang. Perkembangan jamur atau bakteri di dalam ruangan bisa menyebabkan sakit radang, sakit batuk atau pilek yang lama sembuhnya. 

4. Cakupannya Luas

Alat penyaring udara memang memiliki ukuran yang berbeda-beda, akan tetapi masih berfungsi dengan sangat baik. Untuk alat penyaring udara yang baik memiliki kapasitas CADR 200, untuk luas ruangan 30m2. Setidaknya dalam 1 rumah, Anda butuh minimal 3-4 alat penyaring udara, bisa dipilih alat penyaring udara ukuran kecil untuk kamar tidur, sedangkan untuk kamar utamanya bisa memakai ukuran alat yang lebih besar. 

5. Fitur HEPA 

Fitur hepa dan ionizer akan berguna dalam penyaringan udara dan dijinakkan kembali, sistem hepa ini akan mengeluarkan kembali partikel udara dari kotor menjadi udara bersih. Dalam pemakaian penyaring udara sistem lengkapnya, Anda perlu juga merawat bagian dalamnya rutin setiap 6 bulan sekali agar alat bekerja secara maksimal dan tidak menumpuk kotoran di bagian dalamnya. 

Alat penyaring udara dengan kriteria di atas bisa Anda dapatkan dengan harga pembersih udara ruangan cukup bersaing, waspadai jika ditawari dengan harga murah dan bergaransi tetapi ketika dilakukan uji coba malahan membuat udara tambah kotor. Udara yang steril akan membuat penghuninya merasa nyaman dan terhindar dari penyakit pernafasan. Saat ada anggota keluarga yang sedang sakit pernafasan (batuk), alat ini akan bekerja untuk menyerap virus yang keluar dan menyebar, kemudian menangkapnya dengan sistem hepa dan ionizer. 

Itulah sekilas tentang cara pemilihan alat pembersih debu ruangan yang baik. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda