Keunggulan dan Manfaat Masker Kain Tali Karet
Information
08 Jun 2020
Share

Kelangkaan masker kesehatan dan kebutuhan akan masker kain yang begitu besar membuat banyak orang melakukan inovasi. Masker kain tali karet merupakan salah satu jenis inovasi yang berhasil dibuat dan memberikan nilai dan daya guna. WHO sebagai organisasi kesehatan terbesar di dunia memang merekomendasikan agar semua orang menggunakan masker untuk mencegah penularan Covid 19. Dengan menggunakan masker, paling tidak orang yang sudah terkena virus Corona dapat mencegah virus tersebut tertular ke orang lain. Selain penggunaan masker, menghindari kontak langsung juga menjadi salah satu cara yang dianjurkan untuk mencegah penularan virus Corona. Masker kain memang dianggap sepele, tatapi ternyata keunggulan dan manfaatnya begitu banyak.


Manfaat Masker Kain Tali Karet

Masker kain merupakan jenis masker non medis yang banyak digunakan oleh masyarakat. Selain bahannya mudah didapatkan masker kain ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyebaran virus Corona. Selain sebagai pencegah Corona masker kain juga memiliki beragam manfaat, salah satunya  adalah melindungi pernapasan dari polusi udara atau asap kendaraan bermotor. Jika bahan masker kain yang digunakan adalah kain yang berkualitas maka masker tersebut akan sangat baik melindungi.

Yang penting masker kain tersebut tidak longgar dan menutupi seluruh permukaan mulut dan hidung. Menggunakan karet sebagai tali merupakan salah satu cara membuat masker kain tersebut tidak longgar. 


Keunggulan Masker Kain

Masker kain juga memiliki berbagai keunggulan dibanding masker lainnya. Walaupun dalam mencegah penularan virus masker kain kurang diunggulkan, tapi dalam hal lain masker ini memiliki keunggulan. Salah satu keunggulannya adalah biaya pembuatannya sangat murah. Anda bisa tidak mengeluarkan biaya seperserpun jika membuatnya sendiri di rumah. Bahkan jika membeli pun, masker kain ini memiliki harga yang relatif murah di pasaran. Keunggulan lain dari masker kain adalah masker ini bisa dicuci untuk digunakan kembali. Masker bedah dan masker N95 merupakan masker sekali pakai, sedangkan masker kain bisa digunakan secara berulang.  Jadi masker kain bisa dikatakan sebagai masker yang efektif melindungi anda saat beraktivitas di luar ruangan. 


Cara Penggunaan Masker Kain

Agar fungsinya semakin efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona, maka anda perlu memerhatikan cara penggunaan masker kain yang benar. Cara pertama adalah pastikan masker kain tersebut dibuat ketat, dan menutupi seluruh area mulut dan hidung. Yang kedua, pastikan agar jangan memegang permukaan masker saat membuka atau memasangnya. Lebih baik memegang tali pada masker agar menghindari kontak dengan mulut. Selain itu sangat penting juga untuk mencuci masker tersebut setelah dipakai agar virus atau bakteri tidak melekat pada masker. Jika masker basah atau kotor, sebaiknya langsung diganti. Itu lah beberapa cara dalam menggunakan masker kain tali karet. 

 


Source: 

https://www.healthline.com/health/coronavirus-mask

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda