Kelebihan Masker N95, Apa Saja?
Information
08 Jun 2020
Share

Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini mengakibatkan kekhawatiran di tengah masyarakat luas. Di samping itu, pandemi tersebut juga mengakibatkan kebutuhan akan berbagai peralatan kesehatan yang tinggi, terutama masker.


Masker kesehatan atau masker medis jelas jadi kebutuhan yang paling banyak dicari. Apalagi, ada beragam jenis masker kesehatan dari berbagai merek, jenis tali atau loop, hingga warna. Biasanya, masker kesehatan berwarna hijau dan putih. Di samping itu, ada juga masker kesehatan warna hitam yang bisa Anda temukan pula di pasaran.


Dari berbagai jenis masker yang beredar di pasaran, ada masker N95 yang dianggap sebagai masker yang paling direkomendasikan, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Pastinya, masker N95 punya banyak kelebihan yang membuatnya sangat disukai. Lantas, apa saja ya kelebihan masker N95?


Mampu Menyaring Partikel Kecil

Dalam mengukur partikel, baik itu padat maupun cair, yang terdapat di udara, terdapat satuan yang digunakan dengan istilah PM alias particulate matter. Sama halnya dengan ukuran lain, makin besar angka PM, makin besar ukuran partikel tersebut. Sedangkan makin kecil angka PM, artinya makin kecil ukurannya. Nah, salah satu kelebihan masker N95 adalah kemampuannya menyaring partikel kecil, bahkan dengan ukuran lebih kecil dari 10 PM sehingga lebih efektif dibandingkan masker biasa yang hanya mampu menyaring partikel debu berukuran besar.


Dapat Menyaring Hingga 95% Partikel yang Ada di Udara

Konstruksi masker N95 memiliki lebih dari satu lapisan penyaring (filtrasi), yang didesain secara khusus agar mampu menyaring sampai dengan 95% partikel yang terdapat di udara. Karena itu, tak heran jika penggunaannya paling umum ditemukan di kalangan tenaga medis, terutama pada masa-masa pandemi saat ini, di mana mereka harus melakukan kontak langsung saat menangani pasien, mengingat Covid-19 merupakan penyakit yang sangat menular.


Bukan Hanya Halau Virus, Masker N95 Juga Bisa Menangkal Kabut Asap

Ternyata, kelebihan masker N95 tidak hanya sebatas membantu mencegah penularan penyakit karena virus, termasuk Covid-19, lho! Seperti yang sudah Anda ketahui, beberapa wilayah di Indonesia cukup sering dilanda kebakaran hutan secara berkala. Akibatnya, kabut asap yang timbul dari kebakaran pun timbul dan menyebar secara meluas.


Di dalam kabut asap karena kebakaran hutan sendiri terdapat kandungan zat kimia, campuran gas, serta partikel debu yang bisa membahayakan kesehatan manusia. Nah, risiko masalah kesehatan karena bahaya kabut asap dapat dicegah dengan menggunakan masker N95 juga, terutama karena kemampuan jenis masker yang satu ini dalam menangkal partikel debu agar tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.


Nah, itulah beberapa kelebihan utama masker N95, terutama dalam menangkal partikel yang dapat membahayakan kesehatan, termasuk virus penyebab Covid-19. Meski begitu, jangan lupa untuk selalu melakukan langkah-langkah pencegahan lainnya seperti cuci tangan dengan sabun dan air secara teratur, membatasi kontak fisik dan sosial (physical dan social distancing), serta tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut sesuai anjuran WHO, ya!

 

 

Source: 

https://www.who.int/publications-detail/advice-on-the-use-of-masks-in-the-community-during-home-care-and-in-healthcare-settings-in-the-context-of-the-novel-coronavirus-(2019-ncov)-outbreak
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda